Eksplorasi

Perekrutan Antariksawan Rusia Dibuka hingga Akhir 2017

Sabtu, 18 March 2017 10:53 WIB Penulis: MI

Dok. Roscosmos

BADAN Antariksa Rusia, Roscosmos, membuka kesempatan untuk menjadi antariksawan demi misi penerbangan ke bulan. Pengumuman tersebut merupakan yang pertama kalinya dalam lima tahun terakhir. Penerbangan ke bulan tersebut akan melibatkan pesawat angkasa luar baru milik Rusia yang masih dalam pengembangan. Pesawat yang disebut Federation atau Federatsiya tersebut berkapasitas empat orang. Federation merupakan evolusi dari pesawat angkasa luar yang sudah ada sebelumnya, Soyuz.

Terkait persyaratan, para pelamar harus memenuhi beberapa ketentuan seperti berusia tidak lebih dari 35 tahun, tinggi badan sekitar 1,5 meter hingga 1,9 meter, dan berat badan kurang dari 90 kilogram. Selain itu, para pelamar harus mengantongi gelar teknik atau pelatihan pilot, atau pengalaman dalam industri penerbangan atau angkasa luar.

Direktur Eksekutif Program Berawak di Roscosmos, Sergei Krikalyov, menyatakan tidak ada diskriminasi warna kulit ataupun jenis kelamin dalam proses seleksi nantinya. Proses seleksi dimulai sejak pengumuman dikeluarkan dan berakhir pada akhir tahun ini. Nantinya terpilih sekitar enam hingga delapan astronaut. Mereka akan menjadi pilot pada peluncuran pertama Pesawat Federatsiya. Uji terbang berawak pertama dijadwalkan dilakukan pada sekitar 2023. (iflscience/dailymail/Hnf/L-2)

Komentar