Eksplorasi

Fosil Tanaman Tertua Berusia 1,6 Miliar Tahun

Sabtu, 18 March 2017 10:50 WIB Penulis: MI

Dok. Stefan Bengston

BERDASARKAN bukti fosil terbaru, asal usul tanaman jadi ratusan juta tahun lebih awal daripada yang diperkirakan sebelumnya.

Baru-baru ini ditemukan fosil tanaman pada bebatuan di India Tengah. Fosil itu menyerupai ganggang merah yang diperkirakan hidup 1,6 miliar tahun yang lalu. Hingga saat ini fosil tanaman awal yang diketahui peneliti berumur sekitar 1,2 miliar tahun.

Penemuan terbaru ini merupakan hasil penelitian mahasiswa Stockholm Therese Sallstedt yang menganalisis fosil mikroba yang diambil dari batuan di Chitrakoot, India Tengah.

Mereka berhasil mengidentifikasi kloroplas, yaitu susunan yang terdapat pada sel-sel tanaman tempat berlangsungnya proses fotosintesis. Saat sedang melihat sampel primitif, kehidupan sel tunggal melalui mikroskop di laboratoriumnya di Stockholm, Therese melihat sesuatu yang agak tidak jelas yang tampak terlalu maju untuk periode tersebut. Namun, kemudian dia terkejut melihat rumpun berdaging yang tampak kompleks dari alga merah multiseluler.

“Mereka menunjukkan kepada kita bahwa kehidupan canggih dalam bentuk eukariota (seperti tanaman, jamur, dan manusia/hewan) memiliki sejarah yang lebih mendalam di Bumi daripada yang sebelumnya pernah terpikir,” kata Sallstedt. Tanpa bukti DNA, konfirmasi atas bukti kehidupan kuno harus berdasar pada temuan fosil. (bbc/Dys/L-2)

Komentar