Otomotif

Roadster Mazda Mengaspal di Indonesia

Kamis, 16 March 2017 05:21 WIB Penulis: Nurjahyadi

MI/Ramdani

PT Eurokars Motor Indonesia (EMI), agen tunggal dan distributor utama Mazda Indonesia, meluncurkan sekaligus lima model terbaru.

Di antara kelima model tersebut ada roadster Mazda MX-5 'Miata' Soft Top.

Empat model lain yang diperkenalkan di Grand Ballroom Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta, Selasa (14/3) tersebut ialah Mazda6 Estate, Mazda3, Mazda5, dan Mazda CX-3.

Kelima model baru itu diluncurkan untuk memberikan lebih banyak pilihan kepada para pecinta Mazda di Tanah Air.

Mazda MX-5 'Miata' dianggap istimewa karena model ini pernah tercatat dalam Guinness Book of World Records sebagai 'Mobil sport dua pintu terlaris di dunia'.

Kebetulan yang hadir di Indonesia ialah varian berkapasitas mesin terbesar, yaitu 2.0 liter 4 silinder berteknologi Skyactiv.

Dari kemampuan mesinnya kendaraan ini memang tidak terlalu istimewa sebagai kendaraan berdesain sporty, hanya 155 hp dengan torsi 148 Nm.

Untuk menggapai kecepatan 0-100 km/jam, mobil bertransmisi manual itu membutuhkan waktu 7,1 detik.

Atap konvertibel soft top-nya pun dioperasikan secara manual.

Meskipun demikian, kendaraan yang cukup laris di pasar Amerika Serikat itu masuk kategori deretan kendaraan yang paling enak dikendarai berkat bobotnya yang ringan, pusat gravitasi yang rendah, dan handling-nya yang diklaim sangat prima sehingga sangat digandrungi kaum muda.

Model berikutnya ialah Mazda6 Estate alias Shooting Brake AKA Station Wagon.

Sepertinya Mazda mencoba menjajaki pasar baru yang kini hanya diisi Mercedes-Benz C-Class Estate yang diluncurkan sekitar 2014 lalu.

Hal itu menegaskan pula keseriusan Mazda untuk menyasar pasar premium di Indonesia.

Setelah sukses dengan Mazda2 Hatchback dan Sedan, kini Mazda juga merilis versi yang lebih besar, yaitu Mazda3 dan akan berhadapan langsung dengan Ford Focus Hatchback dan VW Golf.

Mazda3 dipersenjatai mesin Skyactiv 2.0 liter yang mampu merilis daya hingga 165 hp dengan torsi 210 Nm yang dikawinkan dengan transmisi otomatis Skyactiv-Drive 6 percepatan.

Berikutnya ialah Mazda5 yang bermain di segmen MPV (multi-purpose vehicle) berkapasitas tujuh penumpang.

'Adik kandung' Mazda8 itu dilengkapi mesin Skyactiv-G 2.0 liter berdaya 149 hp dengan torsi maksimal 190 Nm.

Untuk bisa bersaing di kelas small SUV, EMI menurunkan jagoan baru Mazda CX-3 untuk menemani CX-5 yang terbukti sukses di pasar dan menjadi salah satu produk andalan Mazda di Indonesia.

CX-3 dipersenjatai mesin 2.0 liter berkekuatan 148 hp dengan torsi sebesar 192 Nm.

"Kehadiran EMI dan produk terbaru serta unggulan dari Mazda merupakan bukti dari komitmen kami untuk mengembangkan dan meningkatkan merek Mazda serta menjadikan Mazda sebagai salah satu merek yang paling diminati di Indonesia," ujar Presiden Direktur EMI Roy Arman Arfandy.

Teknologi canggih

Kelima model baru itu, lanjut Roy, mengusung filosofi desain Kodo-Soul of Motion untuk memberikan dinamika berkendara yang superior dengan kinerja mesin Skyactiv dan teknologi kontrol gerak yang canggih.

Teknologi Skyactiv Mazda merupakan teknologi terintegrasi antara mesin (Skyactiv-G), transmisi (Skyactiv-Drive), bodi (Skyactiv-Body), dan sasis (Skyactiv-Chassis).

Ia juga menyatakan bangga dipercaya sebagai distributor utama produk Mazda di Indonesia dan merupakan tonggak sejarah yang mencerminkan kemitraan yang kuat antara Mazda Motor Corporation dengan Eurokars Group dalam menjalankan bisnis.

"Kesuksesan rekor penjualan yang diraih oleh Eurokars Group sejak pengambilalihan distribusi mobil Mazda di Singapura pada 2011 merupakan kesuksesan yang menjadi komitmen kami yang harus kami kejar dan capai di Indonesia," ungkap Roy.

Dengan penunjukan itu, EMI mengemban tanggung jawab untuk seluruh penjualan dan layanan purnajual, termasuk jaminan dari semua kendaraan Mazda yang dijual sebelumnya.

Selain menjadi importir resmi mobil Mazda, EMI juga memiliki wewenang untuk mengawasi seluruh kegiatan dealership Mazda di Indonesia yang saat ini mencapai 43 diler.

(Cdx/S-1)

Komentar