Properti

Apartemen Ini tak Kena Pajak Barang Mewah, Kok Bisa?

Rabu, 15 March 2017 16:55 WIB Penulis: Micom

Ist

MULAI Maret 2017 ini pemerintah mulai mengenakan pajak barang mewah sebesar 20% terhadap properti kelas. Kementerian Keuangan menetapkan pajak barang mewah terhadap penjualan properti hunian dengan harga minimal Rp20 miliar per unit melalui Permenkeu No 35/PMK.010/2017.

Agar terhindar dari pengenaan tarif pajak tersebut, pengembang hunian terutama apartemen pun bersiasat dengan strategi harga. Kemang Penthouse adalah contoh proyek apartemen premium yang sudah terang-terangan menyebut mereka tak terdampak aturan baru tersebut.

Direktur Utama PT Mahardika Gagas Sejahtera (MGS), pengembang Kemang Penthouse, Lukman Purnomosidi mengatakan, kebijakan pengenaan pajak barang mewah terhadap properti tidak berdampak pada proyek apartemen-apartemen yang saat ini dikembangkan, karena produk yang dikembangkan tidak menyentuh harga patokan properti yang ditetapkan pemerintah.

Meski berlabel premium atau mewah, unit apartemen Kemang Penthouse dijual dengan harga 'hanya' Rp3 miliar-Rp5 miliar per unit.

"Kondisi itu menjadi nilai lebih dari Kemang Penthouse. Walaupun dibangun dengan konsep menarik dan membidik pasar premium, tapi dibanderol hanya Rp3 miliar-Rp5 miliar per unit. Lantaran itu, Kemang Penthouse menjadi lebih kompetitif dari segi harga karena beban biaya produksi menjadi lebih rendah," ujar Lukman yang pernah menjabat Ketua Umum DPP REI periode 2004-2007 itu.

Istimewanya lagi, Kemang Penthouse yang cukup mendapat perhatian dari kosumen maupun investor properti itu terletak di kawasan elit Kemang, tepatnya di sisi timur ruas Jl. Pangeran Antasari dan Kemang, Jakarta Selatan dan dekat dengan sentra bisnis Jakarta.

"Saat ini sekitar 30% unit apartemen Kemang Penthouse sudah terpasarkan. Diharapkan apartemen ini akan menjadi hunian premium dengan menghadirkan gaya hidup stylish dan mewah di kawasan Jakarta Selatan," terang Lukman di sela acara Festival Properti Indonesia (FPI) 2017, di Kota Kasablanka, Jakarta, Rabu (15/3).

Selain lokasi, Kemang Penthouse punya keunggulan lain karena merupakan apartemen single tower sehingga seluruh unit memiliki full view yang lepas ke segala arah di seluruh sisi bangunan. Setiap unit memiliki balkon yang luas.

Direktur Coldwell Banker Commercial Indonesia Bambang Tri Margono juga mengungkapkan keyakinannya bahwa Kemang Penthouse bakal semoncer pendahulunya, yakni Senopati Penthouse.

"Seiring maraknya pembangunan infrastruktur dan banyaknya tenaga kerja asing yang masuk ke Indonesia, terutama dari Jepang dan Tiongkok, peluang pasar hunian premium juga semakin besar,” ujarnya. (RO/X-12)

Komentar