Kesehatan

IndoHCF Gelar Apresiasi Inovator Bidang Kesehatan

Kamis, 9 March 2017 02:28 WIB Penulis:

Ist

INDONESIA Health Care Forum (IndoHCF) untuk pertama kalinya akan meluncurkan program IndoHCF Innovation Award 2017. Program ini bertujuan untuk mengapresiasi dan memublikasikan inovasi-inovasi masyarakat di bidang kesehatan.

Ketua Umum IndoHCF, Dr Supriyantoro, mengatakan, dukungan terhadap kemajuan bidang kesehatan sangat penting mengingat masih banyak masalah kesehatan yang terus muncul seperti tingkat kematian ibu dan anak.

"Program IndoHCF ini merupakan dukungan dan sumbangsih IndoHCF terhadap peningkatan kesehatan masyarakat Indonesia, dengan misi meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan di Indonesia,” kata Supriyantoro di Jakarta, Rabu (8/3).

Melalui keterangan tertulis, Supriyantoro menjelaskan apresiasi yang dikemas dalam acara IndoHCF Inovation Awards 2017 ini merupakan acara perdana sekaligus wadah yang menampung seluruh inovasi dan ide program kesehatan juga alat kesehatan.

Dikatakan, pihaknya berharap peserta individu, insitusi, atau kelompok turut berpartisipasi mengambil bagian dalam ajang tersebut. Pendaftaran peserta tidak dipungut biaya dengan masa pendaftaran hingga 31 Maret 2017 melalui laman resmi IndoHCF.

Rufi I Susanto, Executive Vice President IDS Medical System, selaku sponsor even ini, mengatakan, pihaknya sebagai penyedia alat-alat kesehatan terbesar memiliki tanggung jawab untuk membantu pemerintah dalam menstimulus inovasi-inovasi terbarukan dalam bidang kesehatan.

Hemat dia, alat kesehatan di Indonesia hingga saat ini sebagian besar merupakan produk impor. Pihaknya juga ingin memberi kontribusi dalam perkembangan teknologi di Indonesia, khususnya di bidang alat-alat kesehatan.

Lomba yang direncanakan akan diadakan tiap tahun ini memiliki 5 kategori, yakni: Inovasi SPGDT (Sistem Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu) Pra-RS yang mana penghargaan itu bagi pemerintah kabupaten/kota yang melakukan inovasi dalam pengembangan/penguatan Sistem Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu mulai dari lokasi kejadian sampai dengan dibawa ke rumah sakit. Bertujuan untuk mendukung percepatan integrasi SPGDT Pra-RS di suatu daerah.

Adapun kategori kedua, Inovasi Program Kesehatan Ibu dan Anak yang diberikan kepada Pemkab/Pemkot yang melakukan inovasi dalam upaya peningkatan kesehatan ibu dan anak yang sudah diimplementasikan dan dapat diukur keberhasilannya. Bertujuan untuk percepatan tercapainya peningkatan kesehatan ibu dan anak khususnya dalam upaya menurunkan angka stunting, morbiditas, dan mortalitas.

Kemudian kategori ketiga ialah Inovasi Alat Kesehatan bagi individu/institusi/kelompok yang melakukan inovasi/temuan di bidang alat kesehatan yang tepat guna dan berdaya guna. Bertujuan untuk mendorong peningkatan produksi alat kesehatan dalam negeri yang berkualitas.

Selain itu juga ada penghargaan Inovasi E-Health kepada individu/institusi/kelompok yang melakukan inovasi ICT (Information & Communication Technology) di bidang kesehatan.

Dan terakhir penghargaan Inovasi Seni Kreasi Promosi Kesehatan kepada individu/institusi/kelompok yang melakukan inovasi/kreasi seni pertunjukan (dalam bentuk kreasi tarian atau parodi) dengan tema promosi kesehatan. (RO/OL-6)

Komentar