Eksplorasi

Pola Hitam-Putih pada Tubuh Panda untuk Berkamuflase

Sabtu, 11 March 2017 04:14 WIB Penulis: (iflscience/dys/L-3)

SHUTTERSTOCK

POLA hitam-putih pada tubuh panda menjadi ciri binatang khas dari 'Negeri Tirai Bambu' ini. Sebuah studi baru yang dipublikasikan dalam jurnal Behavioral Ecology (28/2) menyebutkan adanya teori baru yang menganalisis pola warna pada tubuh hewan karnivora dan hubungannya dengan aspek lingkungan alam mereka. Tim peneliti menemukan kemungkinan pola tubuh hitam-putih pada panda terpengaruh oleh habitat hidup mereka di salju dan hutan yang lebat.

Pola-pola itu membantu mereka berkamuflase di kedua lingkungan itu. Para ilmuwan menduga dua warna tersebut berasal dari pola makan bambu dan mereka tidak bisa mencerna banyak tumbuhan. Artinya, mereka tidak bisa menyimpan cukup lemak untuk tidur selama musim dingin, seperti beruang. Panda harus aktif sepanjang tahun, berpindah dalam jarak jauh dan juga memiliki banyak habitat mulai gunung bersalju hingga hutan tropis.

Tanda hitam di kepala mereka bukan untuk bersembunyi dari predator, melainkan untuk berkomunikasi. Telinga gelap membantu mereka merasakan keganasan, sinyal ada predator. Lingkaran hitam di mata membantu untuk saling mengenal atau memberikan sinyal serangan pada panda pesaing.

Komentar