Eksplorasi

Minum Susu Fermentasi untuk Mengobati Depresi secara Alami

Sabtu, 11 March 2017 08:30 WIB Penulis: (dailymail/Hnf/L-2)

THINKSTOCK

SELAMA ini kita mengenal yoghurt sebagai susu fermentasi yang baik untuk pencernaan, kulit yang mulus, dan rambut yang mengilap. Baru-baru ini sebuah penelitian menambahkan keunggulan minuman asam-manis-segar itu ialah dapat mengobati depresi. Yoghurt diketahui mengandung bakteri probiotik yang dikenal sebagai Lactobacillus. Peneliti menemukan jumlah Lactobacillus dalam usus dapat memengaruhi tingkat metabolit dalam darah yang disebut kynurenine yang diklaim dapat memicu terjadinya depresi.

Ketika jumlah Lactobacillus berkurang dalam usus, kynurine akan meningkat dan menyebabkan depresi. Tim peneliti dari University of Virginia School of Medicine yang melibatkan tikus dalam penelitian juga menyatakan keragaman mikroba atau biasa disebut mikrobiom pada usus manusia memungkinkan kita untuk mengobati kesehatan mental secara alami tanpa obat-obatan.

"Harapan besar untuk penelitian ini ialah kita tidak perlu menggunakan obat kompleks bila kita bisa memanfaatkan mikrobiom," ujar ketua peneliti Dr Alban Gaultier. Saat ini yoghurt belum dianggap sebagai salah satu alternatif pengobatan. Namun, peneliti mengingatkan tidak ada salahnya orang depresi makan yoghurt meskipun sedang mengonsumsi obat terkait.

Komentar