Eksplorasi

Membawa Telepon Seluler ke Toilet Bisa Mendatangkan Penyakit

Sabtu, 11 March 2017 08:45 WIB Penulis: (Antara/The Sun/Dhk/L-2)

DOK. ALAMY

ANDA kerap menggunakan telepon genggam saat buang air? Membawa telepon seluler ke toilet memang seolah tidak membawa dampak buruk apa pun selain risiko ponsel Anda bakal tercemplung. Namun, menurut ahli kesehatan, kebiasaan itu bisa mendatangkan penyakit karena kuman berbahaya bisa bermigrasi dari kotoran ke dalam mulut melalui telepon. Dokter yang juga ahli higienitas asal Inggris, Lisa Ackerley, memperingatkan kuman di toilet, seperti norovirus dan salmonella, bisa menghinggapi Anda.

Bakteri tersebut dapat berpindah ke ponsel dan menginfeksi penggunanya. Menurut Ackerley, kuman yang ada di area kamar mandi dapat langsung berpindah ke telepon seluler. Jadi, jika tangan kotor dan terkontaminasi kuman atau bakteri, kemudian Anda menggunakan ponsel, Anda telah mentransfernya. Yang lebih mengkhawatirkan, kuman tidak hanya berasal dari Anda.

Pada toilet umum, kuman dari pengguna sebelumnya bisa bersarang di dudukan toilet, tombol bilas, tempat tisu, bahkan di pintu bilik toilet. Dalam keadaan terpaksa, Ackerley menyarankan untuk menggunakan ponsel dengan salah satu tangan tidak menyentuh benda apa pun di toilet demi mengurangi risiko perpindahan kuman. Jangan lupa tetap mencuci kedua tangan.

Komentar