Kesehatan

Salat Kurangi Nyeri Punggung

Jum'at, 10 March 2017 17:23 WIB Penulis: Basuki Eka Purnama

thinkstock

GERAKAN fisik yang mengulang pada ritual Salat ternyata bisa mengurangi nyeri punggung bagian bawah jika dilakukan dengan benar. Hal itu terungkap dalam sebuah penelitian terbaru.

Penelitian itu menemukan bahwa berdoa tidak hanya bisa mengurangi perasaan gelisah namun posisi lutut dan punggung saat salat merupakan tindakan medis yang efektif.

Setidaknya 1,6 miliar warga muslim di dunia menunduk, berlutut, dan bersujud ke arah Mekah lima kali sehari.

"Gerakan yang dilakukan saat Salat sama dengan yoga atau terapi fisik untuk mengurangi rasa sakit di punggung bagian bawah," ujar salah satu peneliti Mohammad Khasawneh, seperti dikutip independent.co.uk, Jumat (10/3).

Penelitian bertajuk An ergonomic study of body motions during Muslim prayer using digital human modelling diterbitkan dalam edisi terbaru International Journal of Industrial and Systems Engineering.

Para peneliti menggunakan model manusia di dalam komputer yang mewakili pria dan wanita India, Asia, dan Amerika untuk melihat efek Salat pada rasa sakit di punggung.

Posisi sujud ternyata bisa meningkatkan elastisitas sendi.

"Doa bisa mengurangi stres fisik dan gelisah. Ada juga penelitian yang menunjukkan bahwa berdoa merupakan cara efektif untuk mengatasi disfungsi neuro-muskuloskeletal," pungkas Khasawneh, ilmuwan dari Penn State Behrend University di Pennsylvania. OL-2

Komentar