Otomotif

All New Tucson SUV Bermesin Diesel

Kamis, 9 March 2017 04:30 WIB Penulis: (Cdx/S-2)

MI/CHADIE

PT Hyundai Mobil Indonesia (HMI) meluncurkan kendaraan jenis sport utility vehicle (SUV), Hyundai All New Tucson XG CRDi EVG-Turbo bermesin diesel 2,0 liter. Mobil ini dibekali dengan sederet teknologi terbaru. “Kami melihat potensi yang cukup baik di kelas medium SUV di market otomotif Indonesia. Kami menghadirkan Hyundai All New Tucson XG CRDi EVG-Turbo untuk memperkaya varian SUV yang telah ada,” ujar President Director of HMI Mukiat Sutikno di sela-sela acara peluncuran All New Tucson XG CRDi EVG-Turbo dan peresmian kantor baru di Jl Teuku Nyak Arif No 14, Simprug, Jakarta Selatan, Jumat (3/3).

Keunggulan yang ditonjolkan dari sederet kelebihan yang diusung SUV medium itu ialah mesin dieselnya. Mesin tersebut mampu menggelontorkan tenaga 178 ps pada 4.000 rpm dengan torsi melimpah sebesar 400 Nm, yang diperoleh pada rentang 1.750 hingga 2.750 rpm. Mesin diesel menggunakan teknologi commonrail direct injection dan berpenggerak roda depan ini dikombinasikan dengan transmisi otomatis Shiftronic 6 speed, yang dapat dioperasikan secara manual. Menurut Deputy Marketing Director of HMI Hendrik Wiradjaja, pihaknya sengaja merilis Tucson versi diesel karena saat ini tren SUV di Indonesia mengarah ke sana. “SUV bermesin diesel sedang banyak peminatnya. Lihat saja semua beralih ke diesel.”

Untuk urusan performa, All New Hyundai Tucson XG CRDi EVG-Turbo memiliki keunggulan di sektor tenaga dan torsi yang tertinggi di kelasnya. Alhasil, kendaraan itu menyenangkan untuk dikendarai di berbagai medan. Semua itu didapat berkat penambahan perangkat forced induction berupa electronic variable geometry turbo (EVG-Turbo) yang kerjanya diatur perangkat elektronik. Dengan demikian, itu mampu memberikan tekanan udara yang sesuai dengan kebutuhan mesin di semua rentang putarannya.

Fitur unggulan lainnya berupa atap tembus pandang (panorama sun roof), dan automatic tailgate. Mobil juga dilengkapi multimedia head unit dengan monitor berukuran 8 inci yang dilengkapi fitur canggih EEV (eagle eye view), yang menampilkan pandangan sekeliling kendaraan dari bagian atas mobil untuk mempermudah pengemudi memarkirkan kendaraan di lahan yang sempit.

Sebagai brand yang kini bermain di segmen premium, Hyundai melengkapi SUV baru mereka dengan sederet fasilitas yang menunjang kemewahan. Mulai jok dan roda kemudi berlapis kulit, pelek ukuran 17 inci, auto light control, eco & sport drive mode select, dan modern cluster with multi-information display. Tucson terbaru ini memiliki empat warna pilihan, yaitu pure white, galaxy pearl, pepper gray, dan phantom black. Kendaraan yang dilengkapi sistem rem ABS-EBD 4 kanal ini dibanderol Rp458 juta (on the road DKI). “Kami menargetkan bisa masuk di 300 unit per tahun di 2017 ini,” tutup Hendrik.

Acara peluncuran All New Tucson XG CRDi EVG-Turbo dan peresmian kantor HMI baru tersebut dihadiri jajaran direksi dan pemegang saham HMI, di antaranya ialah Presiden Komisaris HMI Bambang Trihatmodjo, Panji Adhikumoro Trihatmojo. Kantor HMI tersebut mengalami beberapa penyempurnaan corporate identity sesuai dengan arahan wajib Hyundai Motor Company (HMC) yang terlihat pada signage, pylon dan lobby entrance gate dengan desain dan warna terbaru bernuansa cokelat. (Cdx/S-2)

Komentar