Pilkada

Tingkat Kepuasan Tinggi Petahana bakal Menang

Rabu, 8 March 2017 06:35 WIB Penulis: (Gol/Jay/P-4)

ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

PETAHANA Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)-Djarot Saiful Hidayat diprediksi bakal memenangi kontestasi pilkada DKI putaran kedua. Parameter itu terlihat dari tingginya tingkat kepuasan masyarakat atas kinerja yang mencapai 73,5%.
Bahkan, tingkat kepuasan kinerja itu menjadi tren ketika sejumlah petahana di wilayah lain juga memenangi konstestasi serupa, seperti Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, Bupati Kutai Kartanegara Rita Widyasari, dan Bupati Malang Renda Kresna.

“Sebetulnya tingkat kepuasan Ahok relatif tinggi, di atas 70%. Berdasarkan pengalaman kita sejak 2005-2017, petahana yang (meraih) tingkat kepuasan di atas 70% itu mayoritas terpilih kembali,” ujar peneliti Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA, Adjie Alfaraby, di Jakarta Selasa (7/3). Berdasarkan survei LSI, terang dia, pasangan calon Anies-Sandi lebih diunggulkan untuk memenangi pilkada putaran kedua. Namun, seiring dengan kondisi tersebut ternyata Basuki-Djarot juga menunjukkan tren yang positif.

Menurutnya, ada empat hal yang memungkinkan petahana kembali menjabat Gubernur dan Wakil Gubernur DKI. Pertama, mereka semakin banyak menarik simpati pemilih muslim, khususnya dari kelompok Nahdlatul Ulama (NU). Berikutnya, semakin sedikit pula warga muslim yang mengganggap Basuki menistakan agama. Ia menjelaskan survei LSI itu berlangsung sejak 27 Februari hingga 3 Maret 2027. Survei dilakukan secara tatap muka terhadap 440 responden yang dipilih dengan menggunakan metode multistage random sampling. Margin of error survei mencapai 4,8%.

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI, Sumarsono, menyayangkan adanya spanduk provokatif yang terpajang di beberapa masjid di DKI Jakarta. Seharusnya, spanduk yang berisikan larangan menyalatkan orang yang menjadi pendukung penista agama tidak boleh dipasang di masjid. Ia pun meminta jajarannya untuk menertibkan hal itu. “Tetapi harus dengan dialogis supaya mencopot sendiri. Bantulah saya sebagai Plt Gubernur DKI menjaga kondisi Jakarta ini,” pintanya. (Gol/Jay/P-4)

Komentar