Kuliner

Hidangan Rempah Berkelas dari Jakarta

Ahad, 5 March 2017 01:01 WIB Penulis: MELATI SALAMATUNNISA OKTAVIANI melati@mediaindonesia.com

MI/ADAM DWI

INDONESIA terkenal akan beraneka ragam rempah. Tak mengherankan bila dulu sejumlah negara asing menjajah Nusantara demi mendapatkan rempahrempah.
Kini rempah-rempah kian memperkaya hidangan Tanah Air. Keistimewaan rempah-rempah Indonesia itu yang diangkat dalam tiga signiture dish dan menu baru The Lobby Restaurant & Lounge, Hotel Mercure Sabang. Salah satunya mi jangkrik bos karya Executive Chef Billy Wicaksono, 37. Rasa kuah yang pedas dengan rempah-rempah yang kuat langsung terasa saat menyeruput mi ini. “Kami menggunakan 14 rempahrempah yang dicampur sebagai base: rawit, cengkeh, pekak, bawang putih, kemiri, tomat, dan lainnya.

Cabe rawitnya digoreng sampai aroma kuat, lalu baru diberi tomat. Begitu wangi, bahan-bahan itu diblender sampai halus kemudian diolah dengan bawang putih dan teman-temannya,” tutur Chef Billy Wicaksono kepada Media Indonesia, Jumat (17/2). Meski namanya mi jangkrik, jangan khawatir tidak ada satu pun daging serangga itu. Sebaliknya, Anda akan menemukan udang galah besar sebagai paduan mi ramen, telur rebus, dan sayur-mayur. Sekejap tampilannya mirip dengan laksa dengan kuah merah, tapi rasanya berbeda. “Ada 3 level rasa pedas yang ditawarkan dengan harga Rp99 ribu. Berani menghabiskan mi level 3? Anda tidak perlu membayar alias gratis,” ungkap Chef Billy mantap. Coba juga sajian sop buntut sabang.

Dari aromanya saja sudah sangat menggiurkan. Kuah yang sarat rempah dan panas sangat pas disantap, apalagi Jumat siang itu cuaca hujan. Dagingnya pun bukan sembarang daging. Bagian daging buntut yang dipilih untuk sop buntut ini ialah daging bagian tengah atau biasa disebut center cut. Dengan harga Rp179 ribu, Anda bisa memakan bagian yang terbaik dari buntut. Isinya diramaikan sayuran seperti wortel dan kentang yang benar-benar segar. “Mungkin karena wortel dan kentangnya tidak dimasak bersamaan dengan kuah. Dagingnya memiliki 3 varian; bakar, goreng, dan rica-rica yang disajikan terpisah dengan kuah sop,” ujar Chef Billy.

Hidangan andalan Chef Billy yang lain ialah nasi goreng kemangi. Nasi goreng yang lengkap disajikan dengan udang bakar kecap, ayam goreng bumbu lengkuas, dan kerupuk ini spesial karena daun kemangi dijadikan bumbu dasar dalam pembuatannya. Karena itu, tak mengherankan jika nasi goreng ini terlihat cantik dengan warna hijau. Benar saja, setiap menyendoknya daun kemangi terasa sarat sekali namun juga melebur dengan rempahrempah lain. “Menciptakan base dari rasa nasi goreng kemangi ini harus memikirkan bahan yang tepat sehingga rasanya sesuai dengan nasi goreng.

Kami memilih kacang mede, bawang putih, kemiri,” ungkap Chef Billy. Nasi goreng unik lainnya ialah nasi goreng teriyaki. Saus teriyaki yang lazim dijadikan bumbu pendamping kini dijadikan sebagai dasar dalam pembuatan nasi goreng. Kenikmatan nasi goreng ini semakin lengkap dengan sate ayam bumbu teriyaki dan onion tempura.

Salad
Sebelum sajian utama, jangan lewatkan hidangan pembuka. Saat memasuki restoran yang berada di lantai dasar, mata saya langsung tertuju pada chicken wrap yang dikemas dengan menarik. Potongan daging ayam yang dibalut dengan roti gandum disajikan dengan kentang goreng dan saus. Coba juga cita rasa healthy salad. Kesegaran sayuran hidroponik yang sempurna seperti baby carrot, baby buncis, baby zuchini, green oak lettuce, frise lettuce, dan red coral lettuce tentunya semakin segar dengan siraman saus lemon. Bila sudah menikmati hidangan pembuka dan utama, jangan lupa menikmati hidangan penutup. Salah satunya makanan penutup klasik yang disajikan lebih kekinian. Rasakan lelehan chocolate lava saat anda memotong bagian tengahnya, dipadu dengan manisnya ice cream vanilla dan cinnamon chocolate sauce.

Wajib pula menjajal rainbow toast berupa dua gulung roti tawar dengan taburan keju, susu, cokelat butir, dan warna-warni cokelat kancing. “Masakan Indonesia itu sangat beragam. Karena itu kami berkomitmen akan terus mengembangkan inovasi dengan melakukan pembaharuan produk. Peluncuran menu baru ini diharapkan semakin memperkaya keragaman jenis kuliner yang ada di The Lobby Restaurant & Lounge,” ujar F&B Manager Mercure Jakarta Sabang, Qurais Fuad. Jadi, para pencinta kuliner Nusantara dipersilakan datang ke The Lobby Restaurant & Lounge di Lobby Level Mercure Jakarta Sabang. Hidangan ini bisa dinikmati setiap hari mulai pukul 06.00 sampai dengan pukul 23.00. Kenikmatan sajian Nusantara mana lagi yang Anda dustakan? (M-4)

Komentar