KICK ANDY

Berjuang dengan Musik

Sabtu, 4 March 2017 03:15 WIB Penulis: Imania Kamila

Tony Q Rastafara---MI/ROMMY PUJIANTO

KEMERIAHAN malam itu bertambah dengan kehadiran Tony Q, ikon musik reggae Indonesia. Melalui musik reggae, Tony menyuarakan isu sosial yang sedang marak di masyarakat.

Musik reggae lahir di Jamaika dengan latar belakang perjuangan menyamakan hak tanpa harus melihat perbedaan warna kulit atau agama.

Spirit itu yang mendorong Tony mencoba menyuarakan apa yang menjadi kegelisahannya tenang yang terjadi di Indonesia.

Musik reggae, kata Tony, sebagai musik medium bisa mewakili musik keras dan lembut.

"Jadi bawaannya fun ya, tapi dalam fun sendiri itu sebenarnya banyak juga hal yang diperjuangkan oleh musik reggae,"

Lirik-lirik lagu yang berhasil ia ciptakan terinspirasi oleh hal-hal yang sering ia baca di koran, atau melalui kegiatan masyarakat, hingga situasi politik.

Fakta tersebut yang mendorong dirinya untuk memperjuangkan perdamaian melalui musik.

"Artinya saya mencoba seperti kepada revolusi kesadaran bagaimana dengan lagu ini semoga ada satu-dua orang menjadi lebih baik ya cara berpikirnya," ujarnya.

Meski membawa musik reggae, Tony selalu memasukkan unsur tradisional seperti gendang dan gamelan dari sejak awal berkarier. Pria yang sudah 20 tahun konsisten di musik reggae itu mengaku masih mendengarkan segala jenis musik.

"Ya sebenarnya memang awalnya kan kalau masih muda kan ambisinya dan egoismenya terlalu menggebu-gebu. Pada akhirnya ada sebuah lirik yang saya bikin setelah paham hidup ini tidak perlu lagi dikhawatirkan. Setelah kita paham tentang kehidupan, tinggal jalani semua sebaik kita bisa. Artinya, setiap diri dari diri kita masing-masing punya satu pemahaman-pemahaman yang memang harus digali, termasuk juga bagaimana harus mengapresiasi tetangga, orang lain, teman, dan saudara," paparnya.

Kehadiran Tony Q di Kick Andy juga diakui bukan hanya untuk menghibur. Musik reggae sebagai musik yang mengangkat semangat perdamaian dengan tidak membedakan agama, suku, bangsa, dan kelas ekonomi diharapkan mampu memberikan inspirasi bagi masyarakat.

Bagi tuan rumah acara, musik reggae menunjukkan semua manusia sama karena nilai hakiki manusia ialah sebagai manusia ciptaan Tuhan.

"Pesan-pesan itulah yang sebenarnya ingin saya sampaikan melalui Tony Q sehingga kami mengundangnya. Baru saya rasakan betapa musik reggae selain enak didendangkan dan enak didengar, memang membawa pesan perdamaian. Jadi sangat cocok dengan rohnya Kick Andy," ungkap sang host. (Ima/M-4)

Komentar