KICK ANDY

Konsisten dengan Lagu Indonesia

Sabtu, 4 March 2017 01:34 WIB Penulis: Imania Kamila

Penta Boyz---MI/ROMMY PUJIANTO

SUARA merdu grup musik akapela yang terdiri atas Joka Tatarang, Indra Gunawan, Marta Dinata, Armando Zidane, dan Ronie Harvey Maspaitella sukses membius para penonton.

Grup akapela yang menamai diri mereka Penta Boyz itu dibentuk pada 2001.

Meski mereka menyanyi tanpa alat musik, prestasi lima pria itu wajib diacungi jempol. Di 2001 Penta Boyz berhasil menyabet juara the best perform pada Golden Stage International Festival di Bucharest, Rumania.

Mereka sukses di negeri orang sebagai grup akapela asal Indonesia yang menyingkirkan para peserta dari 23 negara di perlombaan akapela skala internasional.

"Pada 2001 kami tahu info ada festival di Rumania dan saat itu kami harus mengirimkan demo. Kemudian kami coba bikin demo lalu kirim ke sana dan kami mendapatkan feedback dari sana kalau kami diterima sebagai kontestan dan mendapatkan penghargaan. Kami merasa takjub banget waktu ke sana karena ternyata satu-satunya yang lolos dari Asia hanya Indonesia," kata Marta Dinata.

Prestasi mereka di mancanegara itu membuat Kick Andy sangat mengapresiasi atas apa yang dilakukan Penta Boyz.

"Yang mengagumkan anak muda ini menyanyikan lagu tradisional. Banyak anak muda yang malu nyanyi lagu daerah, tapi mereka menyanyikannya," ungkap Andy F Noya.

Sebagai grup musik akapela yang lebih memfokuskan pada lagu daerah Indonesia, Penta Boyz mengaku awalnya tak banyak yang mengundang mereka untuk tampil.

"Ya awalnya seperti itu. Memang kurang banyak yang meminati apalagi ajang yang di Jakarta ataupun Indonesia. Namun, kami punya misi dari setiap penampilan kami, dari lima atau enam lagu kami sisipkan satu lagu tradisional Indonesia. Lama-lama malah yang mendengar terbiasa bahkan request bawain lagu Indonesia. Lagu ini dong, lagu ini," kata Marta.

Sebelum resmi menjadi Penta Boyz, grup ini pada 1998 bernama Antero Boyz.

Nama Penta Boyz merupakan ide dari salah satu anggota, Indra. Katanya, Penta artinya ialah lima, sedangkan boyz diartikan sebagai laki-laki imut.

"Sebenarnya pada saat itu memang mengganti nama dari Antero Boyz ke Penta Boyz itu karena memang kami kesulitan untuk cari nama. Jadi ketika kami ada nama Penta ya sudah deh Penta saja," jelas Indra.

Setelah 17 tahun berkarya di industri musik, Penta Boyz akan menggelar konser tunggal di 2017.

Konser yang digelar nantinya memang dikhususkan untuk penampilan Penta Boyz. Saat ini Penta Boyz sedang mengusahakan izin untuk peminjaman tempat konser di Jakarta. (Ima/M-4)

Komentar