Kesehatan

Liburan, Jangan Abaikan Kebutuhan Tidur

Rabu, 1 March 2017 06:00 WIB Penulis: (RO/H-3)

THINKSTOCK

MENJAGA kesehatan wajib dilakukan setiap saat, termasuk ketika liburan. Salah satu kebutuhan penting tubuh agar tetap sehat ialah istirahat. Karena itu, meski liburan umumnya padat aktivitas, waktu tidur tetap harus dicukupi.
""Jangan paksakan tubuh untuk terus beraktivitas tanpa mengenal waktu dan usahakan tetap tidur tidak kurang dari 6 jam agar kondisi tubuh tetap bugar," ujar dokter dari RS Awal Bros Bekasi, Jawa Barat, Achmad Yudha Aulia, dalam keterangan tertulis, Selasa (28/2).

Ia menjelaskan, kurang tidur dapat mengakibatkan terganggunya metabolisme tubuh. Tak hanya itu, kurang tidur membuat wajah kurang segar dan tubuh kurang bugar. Bisa jadi, hal itu justru akan menganggu aktivitas liburan selanjutnya.
Dokter Yudha juga mengingatkan, stasiun, terminal, bandara, maupun pelabuhan merupakan tempat-tempat yang rawan dengan penularan penyakit, seperti flu dan batuk. "Langkah proteksi yang dapat kita lakukan, antara lain menggunakan masker saat berada di tempat yang ramai." Vaksinasi influenza, lanjutnya, bisa dilakukan dua pekan sebelum liburan dimulai. Tujuannya untuk meningkatkan kekebalan terhadap virus flu. "Namun, vaksinasi ini belum membuat Anda bebas 100% dari penularan penyakit. Tindakan preventif seperti mencuci tangan tetap harus dilakukan," jelasnya. (RO/H-3)

Komentar