Film

Salah Amplop, Penyebab Kesalahan di Piala Oscar

Senin, 27 February 2017 15:15 WIB Penulis: Putra Ananda

AP/Matt Sayles

KESALAHAN penyebutan nama pemenang pada ajang penganugerahan Piala Oscar di Dolby Theatre, Los Angeles, Amerika Serikat, Senin (27/2) ternyata disebabkan pihak penyelenggara salah memberikan amplop nama pemenang.

Warren Beatty, aktor yang didapuk menjadi pembaca nama pemenang untuk kategori Best Picture mengungkapkan mengapa ia sampai salah menyebutkan nama pemenang. "Saya ingin menjelaskan apa yang terjadi. Saya membuka amplop, dan di sana tertulis Emma Stone, 'La La Land'. Karena itu setelah membacanya saya berpikir cukup lama, dan menatap kalian cukup lama. Saya tidak mencoba untuk terlihat lucu," katanya, seperti dikutip CNN.

Beatty mengumumkan nama pemenang kategori Best Picture yakni 'La La Land', namun kemudian diralat karena pemenang sebenarnya adalah 'Moonlight'.

Pembaca Acara Oscar 2017, Jimmy Kimmel mengungkapkan bahwa amplop yang dipegang Beatty memang salah. Hal inilah yang membuat Beatty sempat terlihat terdiam sebelum menyebutkan nama pemenang.

"Dia bingung karena di kartu yang dibacanya, tertulis Emma Stone 'La La Land'. Ini membuatnya bingung. Kita mungkin berpikir dia berusaha bercanda. Namun pada kenyataannya, dia kaget karena mengapa nama Emma Stone ada di kartu tersebut," tuturnya.

Kimmel meminta maaf atas blunder yang dilakukan oleh Beatty dan Faye Dunaway yang saat itu bertugas membacakan nominasi paling bergengsi di ajang tersebut.

"Saya minta maaf atas kejadian ini," ujar Kimmel.

Menyadari film yang diprosuderinya tidak menang, lantas sutradara La La Land ,Jordan Horowitz pun segera memanggil sutradara film Moonlight, Barry Jenkins untuk naik ke atas panggung dan menerima penghargaan Oscar atas karyanya.

"Ini bukan lelucon. Film yang terbaik adalah Moonlight, naiklah. Saya rasa mereka membacakan hal yang salah," kata Horowitz sambil menunjukkan amplop yang telah terbuka dan bertuliskan Moonlight.

Komentar