Hiburan

Gebrakan Baru di Urban Gigs 2017

Ahad, 26 February 2017 03:16 WIB Penulis: Ben/M-4

INSTAGRAM/BARASUARA

SEBANYAK 12 band cutting-edge bakal menyuguhkan sesuatu yang berbeda tahun ini. Mereka membuat karya kolaborasi yang dikemas dalam satu album kompilasi. Artinya, ada enam karya kolaborasi band yang terdiri dari, Elephant Kind dengan Rock N Roll Mafia, Barasuara dengan Scaller, Kelompok Penerbang Roket dengan Kimokal, The Brandals dengan Agrikulture, Silampukau dan The Hydrant, dan Mocca dengan Payung Teduh.

Album ini merupakan program yang digagas Generation-G bernama Urban Gigs X Unreleased Project. Brand Manager Generation-G Namanda Mandagie menjelaskan Urban Gigs X Unreleased Project merupakan satu gebrakan baru yang bisa dinikmati di ajang Urban Gigs 2017.

"Band-band ini, nantinya, akan membawakan 10 lagu di atas panggung Urban Gigs. Dua di antaranya adalah lagu baru yang khusus dibikin untuk Unreleased Project. Puncaknya adalah album kompilasi yang berisi lagu-lagu baru itu," jelas Namanda, saat menggelar temu media, di Jakarta (22/2).

Kolaborasi ini, kata penata musik David Tarigan, memberikan ruang bagi para band itu menghasilkan sesuatu yang baru. "Kita biarkan itu memiliki ruang kejutan. Segala kemungkinan yang kita bayangkan itu berusaha merealisasikan sesuatu yang barangkali tidak pernah dibayangkan sebelumnya," ujar David.

Sementara itu, Produser Musik Urban Gigs X Unreleased Project Aksan Sjuman menilai proyek ini memberikan kejutan bagi pecinta musik cutting-edge di Tanah Air. "Saya yakin semua band yang terlibat akan lebih berani untuk keluar dari lagu-lagu mereka sebelumnya," kata Aksan.

Tahun ini, Urban Gigs akan digelar di kota-kota di Indonesia, seperti Jakarta, Medan, Pekanbaru, Palembang, Bandung, Lampung, Semarang, Surabaya, dan Makassar. Jadwalnya mulai Maret hingga November.

Tak hanya menyuguhkan penampilan khusus band-band cutting-edge, gelaran ini juga diisi dengan berbagai konten seperti lokakarya, seni mural, bazar kuliner, dan lapak-lapak kreatif. Urban Gigs juga mengajak generasi muda untuk turut meramaikan gelaran ini.

Bagi yang tertarik bisa mengirimkan karya-karya dalam bentuk lagu maupun seni mural ke www.urbangigs.id. Bila terpilih, tentu akan punya kesempatan untuk tampil di rangkaian Urban Gigs tahun ini.

"Ajang ini memang wadah bakat dan kreasi anak-anak muda. Mereka bisa ikut berpartisipasi dengan mengirimkan hasil-hasil karyanya," pungkas Namanda.

Komentar