Kuliner

Menikmati Ramen Premium Ippudo Indonesia

Ahad, 26 February 2017 00:15 WIB Penulis: Zico Rizki

MI/ZIKO RIZKI

Mi autentik Jepang disajikan dengan penuh cita rasa kelas premium.

RAMEN sudah tidak asing lagi bagi penikmat makanan Jepang di Ibu Kota. Makanan mi berkuah asli 'Negeri Sakura' itu kini mudah ditemukan di Ibu Kota, baik di restoran khas masakan Jepang maupun kedai kaki lima.

Mayoritas kedai di antaranya menyediakan hidangan fushion ramen yang disesuaikan dengan mulut orang Indonesia, tapi terdapat juga kedai atau restoran yang menyediakan hidangan ramen yang masih orisinal.

Berbicara orisinalitas ramen, sebuah menu yang paling termahsyur ialah ramen tonkotsu dari prefektur Fukuoka. Menu ramen yang dibuat di wilayah pantai utara pulau Kyushu itu disebut juga sebagai asal mula keberadaan menu ramen di Jepang.

Untuk mencicipi kekhasan ramen Fukuoka di Jakarta, kini masyarakat Ibu Kota dapat menikmatinya di Ippudo Central Park.
Media Indonesia mendapat kesempatan untuk menikmati menu hidangan ramen orisinal Fukuoka yang diciptakan Shigemi Kawahara yang dilabelkan sebagai king of ramen sekaligus penemun restoran Ippudo di Jepang.

Sambil menunggu dan sebelum menyantap hidangan ramen, ada dua jenis hidangan pembuka yang patut dicoba, yakni goma Q dan spicy chicken bun.

Goma Q merupakan kudapan pembuka berbahan dasar timun zuccini segar yang disajikan dengan dressing sesame oil dan garlic serta bubuk cabai. Melalui hidangan ini penikmat dapat merasakan sensasi zuccini yang segar dan crunchy yang berkombinasi dengan balutan rasa dressing minyak wijen dan bawang putih.

Hidangan starter lainnya ialah spicy chicken bun yang merupakan hidangan burger Jepang yang menggunakan roti (bun) yang memiliki rupa dan tekstur lembut seperti bakpao, berisikan ayam goreng tepung dan lettuce segar. Appetizer ini tentunya tidak membuat penikmat merasa kenyang sebelum menyantap ramen.
Setelah dua hidangan pembuka, kini giliran mencicipi dua hidangan ramen yakni, akamaru shinaji dan spicy chicken shoyu.

Akamaru shinaji merupakan salah satu dari tiga menu andalan lainnya dari Ippudo Indonesia. Mi tipis homemade dengan porsi 100 gr dengan kuah tonkotsu dengan campuran saus miso dan minyak bawang spesial disajikan dalam mangkuk besar dengan topping daging babi, taoge, dan jamur kikurage. Kuah ramen yang menandakan hidangan ramen asli Fukuoka itu berbahan dasar tulang babi yang dimasak belasan jam dengan campuran beberapa bahan dan bumbu rahasia. Saat diseruput, langsung terasa kekayaan rasa kuah dan tekstur yang sangat creamy, tapi tidak meninggalkan rasa berat di lidah. Kuah tonkotsu dapat dikatakan merupakan kuah dengan kandungan lemak dan cita rasa bumbu yang tinggi. Namun, saat dicoba justru sebaliknya, rasanya ringan tapi tetap ada rasa bahan dasar dan bumbunya. Sensasi rasa kuah tonkotsu menjadi lebih mantap dengan mi yang bertekstur lembut.

Bagi pecinta ramen yang halal, coba spicy chicken shoyu, yakni ramen ayam (pork-free) pedas. Bagi penikmat yang ingin merasakan sensasi lebih pedas, Ippudo menyediakan sesendok 'bumbu pedas' rahasia. Untuk satu porsi ramen dengan minuman, Anda cukup mengeluarkan kocek sekitar Rp90 ribu.

Bagi para penikmat ramen yang takut untuk memakan porsi semangkuk ramen premium yang tergolong banyak, Ippudo juga menyediakan porsi mi yang lebih sedikit dengan harga yang lebih murah. Porsi sedikit tidak berarti kualitas menjadi berkurang. Untuk semangkuk porsi yang lebih kecil, Ippudo hanya mengurangi komposisi ramen menjadi 70 gr. Namun, kualitas kuahnya tidak dikurangi.

Selain ramen, ada menu andalan lainnya, yakni seared salmon roll with mentaiko. Hidangan itu merupakan sushi roll jepang yang 80%-nya merupakan salmon yang dimasak dengan api sedang (seared) dengan menggunakan blow torch.

Rasa burning di bagian atas salmon dan kelembutan di bagian dalamnya membuat sensasi mild saat mengunyahnya. Ditambahkan topping cod roe dan saus home made di atasnya, menambah kesan gurih hidangan salmon segar yang manis. Jika ingin lebih menantang, Anda bisa mencobanya dengan langsung menelan tanpa mengunyahnya terlebih dahulu. Sensasi yang menarik akan terasa di tenggorok kita.

Dijamin halal

Penikmat yang sangat memperhatikan kehalalan menu tidak perlu khawatir. Meskipun terdapat penggunaan bahan dasar babi dalam penyajian ramen atau menu lainnya, Ippudo Indonesia menjamin kehalalan menu-menu yang disajikannya. Amanda Sihombing, Senior Manager of Ippudo Indonesia, menjelaskan terdapat beberapa pemisahan komponen pembuat menu, mulai penempatan bahan dasar menu, alat masak, hingga alat makan, seperti mangkuk dan sumpit. Semuanya diperlakukan secara terpisah. Jika penikmat tidak percaya, penikmat dapat memperhatikan cara pembuatannya secara langsung di setiap gerai Ippudo Indonesia. (M-4)

Komentar