Teknopolis

AntBot, Robot Polisi dari China

Ahad, 26 February 2017 07:00 WIB Penulis: Panji Arimurti

AntBot saat berpatrolis di stasiun kereta api Zhengzhou, China----Foto: AsiaWire

TIONGKOK tidak mau ketinggalan di bidang teknologi robot. Adalah National University of Defence Technology China membuat robot polisi yang bisa bekerja layaknya seorang polisi.

Seperti dikutip sciencetimes.com, proyek robot polisi ini dimulai sejak setahun lalu setelah pemerintah China ingin memiliki sebuah robot yang bisa bertugas layaknya polisi dengan teknologi yang mereka miliki sendiri. Dan lewat Depertemen Keamanan Publik China, proyek pengembangan robot polisi tersebut, AntBot, dimulai dan berjalan sukses.

AntBot sendiri memang memiliki kemampuan seperti seorang polisi. Dengan tinggi sekitar 1,6 meter, AntBot mampu mengenali wajah penjahat yang menjadi buronan polisi.

Tidak hanya itu, AntBot juga dapat menunjukkan arah jika Anda tersesat atau sedang mencari lokasi tertentu. AntBot juga mengetahui keadaan darurat seperti kebakaran karena dia dilengkapi alat yang dapat memonitor suhu dan kualitas udara.

Sejak diperkenalkan di depan umum di sebuah expo awal tahun ini, AntBot telah ditempatkan di jalan-jalan di Tiongkok dan juga di stasiun kereta api Zhengzhou. Dengan menggunakan perintah suara dan sistem kamera, AntBot sangat membantu kerja polisi karena dia tidak pernah lelah layaknya manusia.

AntBot sendiri berasal dari bahasa Tiongkok "An" yang berarti keamanan, dan "Bot" dari kata robot. Kedepannya, pemerintah Tiongkok akan melakukan pengembangan lebih lanjut dari robot ini, termasuk kemampuannya untuk mendeteksi situasi yang mengancam dan 'alat anti huru-hara' yang dapat digunakan untuk membantu mengendalikan kerumunan masa yang berdemo.(OL-04)

Komentar