Jendela Buku

Dunia Dalam Genggaman Bung Karno

Sabtu, 25 February 2017 05:31 WIB Penulis: Zuq/M-2

BUKU ini memotret sepak terjang diplomasi Soekarno yang belum banyak tersiar. Sukarno ialah sosok Presiden RI yang ahli dalam berdiplomasi. Gaya diplomasinya high profile, tegas, tapi cantik.

Ia pernah lantang menolak mentah-mentah bantuan dari Amerika Serikat (AS) dan berteriak “Persetan dengan bantuanmu! Lautan dolar tak akan dapat merebut hati kami.”

Bung Karno tak pernah lupa menyerukan suara Dunia Ketiga dan aspirasi nasionalisme rakyatnya sendiri. Dunia versi Bung Karno adalah dunia yang mutlak harus berubah menjadi tempat yang lebih adil dan setara bagi semua.

Beragam kunjungannya ke luar negeri membuat Bung Karno menjadi tokoh Dunia Ketiga yang disegani dan selalu menjadi sorotan internasional. Sikapnya yang charming dan kosmopolit, kegemarannya terhadap kesenian dan kebudayaan, pengetahuannya mengenai sejarah, bahasa tubuhnya yang menyenangkan, menjadikan Bung Karno selalu menjadi tamu agung.

Sukarno adalah pemimpin muslim dunia pertama yang vokal memperjuangkan kemerdekaan Palestina. “Selama kemerdekaan bangsa Palestina belum diserahkan kepada orang-orang Palestina, maka selama itulah bangsa indonesia berdiri menantang penjajahan israel!”.

Nama Bung Karno mendunia. Ia bukan hanya milik Indonesia, melainkan telah menjadi milik dunia. Ketokohannya dan pemikirannya telah mengubah dunia memberikan sumbangsih bagi peradaban manusia. Tidak berlebihan jika sekiranya banyak yang mengatakan bahwa dunia dalam genggamannya. (Zuq/M-2)

Komentar