Otomotif

The All New Chevrolet Trailblazer Mengaspal di Indonesia

Kamis, 23 February 2017 09:15 WIB Penulis:

MI/Chadie

PT General Motors Indonesia (GMI) akan memperkenalkan SUV terbarunya, The All New Chevrolet Trailblazer LTZ 2.5L Duramax Diesel yang mengusung sederet pembaruan dan fitur-fitur inovatif di kelasnya.

Produk GM tersebut berada di segmen sport utility vehicle (SUV), bersaing dengan Toyota Fortuner, Mitsubishi Pajero Sport, dan Isuzu Mu-X.

Presiden Direktur General Motors (GM) Indonesia, Gaurav Gupta, menyatakan Chevrolet Trailblazer siap menjadi pilihan baru konsumen Indonesia sekaligus menantang berbagai mobil di segmen SUV.

Kendaraan ini akan dirilis di Ball Room Hotel Kempinski Jakarta, hari ini.

“Kami mendesain Trailblazer baru untuk memenuhi gaya hidup konsumen kami, dengan perubahan besar bagi kenyamanan pengemudi, pemilihan materi, serta desain keseluruhan. Kami ingin menghadirkan SUV premium yang menawarkan keseimbangan antara keseriusan dalam bekerja dan menikmati kesenangan,” ujar Gaurav Gupta, di Palm Hill Golf Club, Bogor, Jawa Barat, Selasa (21/2).

Product Planning & Program Manager GMI Rowan S Suhendy mengatakan ada tiga fitur terbaru, yaitu remote engine start, remote AC start, dan mesin yang kompatibel dengan bahan bakar solar B20 alias biosolar.

“Dengan remote engine start pengguna dapat menyalakan mesin dalam jarak tertentu, dipadu remote AC start yang dapat dihidupkan melalui tombol remote. Ini berguna saat parkir panas-panasan. Saat masuk kabin, udara di dalam mobil sudah nyaman dan siap dijalankan,” paparnya.

Sementara, fitur terakhir, lanjutnya, membuat kendaraan tersebut dapat mengonsumsi ‘solar biasa’ karena mesinnya sudah disesuaikan dengan kondisi bahan bakar yang ada di Indonesia.

SUV yang dilengkapi jok elektrik tersebut juga dilengkapi fitur valet mode yang dapat mengunci semua pengaturan di dalam kendaraan. Fitur tersebut dapat diaktifkan dan dinonaktifkan dengan memasukkan kata sandi pada layar head unit.

Seperti layaknya kendaraan premium berteknologi tinggi, All New Trailblazer dilengkapi tire pressure monitoring system yang mampu menampilkan tekanan angin di roda masing-masing secara individual.

Fitur keselamatan
Untuk bisa bersaing di kelas SUV yang cukup ketat, Chevrolet melengkapi sederet fitur keselamatan terbaik di kelasnya. Mulai dari side blind zone alert yang memberi peringatan saat ada kendaraan menyalip dari samping. Selain itu, lane departure warning yang akan mengeluarkan suara peringatan saat kendaraan keluar dari lajur tanpa disengaja.

Fitur keselamatan lainnya berupa forward collision alert berupa peringatan saat kendaraan melaju terlalu dekat dengan kendaraan lain di depannya.

Lead Development Engineer, Dan Pinnuck, memaparkan kendaraan yang dikembangkan GM Brasil dan GM Thailand serta melibatkan para ahli GM di Jerman, Amerika Serikat, dan Australia itu, dibekali dengan mesin Diesel 2.5L Duramax Turbo-Diesel model variable geometry turbo yang memiliki tenaga dan torsi terbesar di kelasnya.
Untuk mengurangi getaran dan bising dari mesin bertenaga maksimal 180 Ps dengan torsi puncak sebesar 440 Nm, para insinyur di GM menyematkan centrifugal pendulum absorber (CPA) torque converter yang memiliki tiga manfaat sekaligus.

Communications & External Affairs Director GMI Yuniadi H Hartono menambahkan, CPA mampu mengurangi kebisingan dan getaran, meningkatkan torsi maksimal, serta menghemat bahan bakar. “Baru kali ini ada sebuah teknologi yang mampu memberikan tiga keuntungan sekaligus,” bangga Yuniadi. (Cdx/S-2)

Komentar