Features

Ini Kiat Sukses Berburu Pekerjaan

Kamis, 16 February 2017 08:43 WIB Penulis:

MI/Seno

MENDAPATKAN pekerjaan baru yang sempurna bisa menjadi sesuatu yang menantang. Oleh karena itu, banyak pelamar kerja yang mencari tips-tips di internet untuk bisa memperoleh pekerjaan yang mereka inginkan itu.

Para pelamar kerja tampaknya tidak perlu diberi tips mengenai perlunya editor bahasa untuk membaca ulang resume dan surat lamaran mereka sebab mereka sudah membaca tips itu ratusan kali.

Kolomnis The Guardian, Andrew Fennell, memberikan tips-tips baru bagi para pelamar kerja untuk bisa memenangi persaingan di bursa lapangan kerja yang kian ketat.

Pertama, lamaran pekerjaan ialah masalah angka. Maksudnya, dalam bursa saat ini, para pengusaha biasanya punya banyak kandidat untuk mengisi satu posisi di perusahaannya. “Anda dianjurkan untuk mengirim sebanyak mungkin surat lamaran ke manajer-menajer yang sedang membuka lowongan. Itu akan meningkatkan kesempatan Anda mendapatkan pekerjaan,” kata Fennell, kemarin.

Kedua, personalisasi resume Anda. Menurut Fennell, biasanya para pelamar hanya melakukan personalisasi pada surat lamaran, tidak pada resumenya. Padahal, lanjut Fennell, tidak ada perusahaan yang persis sama sehingga perlu membuat resume Anda relevan dengan jenis pekerjaan yang dituju.

Ketiga, jangan hanya mengandalkan situs lowongan kerja. Meski menjadi sumber informasi, situs lowongan kerja biasanya sudah dibanjiri para pelamar.

“Jejaring sosial bisa menjadi alternatif. Banyak manajer justru mencari kandidat via jalur di LinkedIn, jadi sebaiknya eksis di jalur itu,” tambah Fennell.

Menurutnya, para pelamar kerja bisa saja mengirimkan lamaran pekerjaan ke sejumlah perusahaan potensial yang ada di LinkedIn ketimbang melamar pekerjaan bersama ratusan pelamar lain. Metode itu memang membutuhkan ketekunan karena tidak setiap perusahaan sedang membuka lowongan. Namun, kandidat hanya butuh kesempatan sekali untuk bisa sukses mendapatkan jadwal wawancara.

Terakhir, jangan enggan angkat telepon. Meski saat ini sudah memasuki era digital, para manajer perusahaan sebenarnya masih bisa dikontak via telepon. Jadi, jika Anda mengirim lamaran pekerjaan secara daring dan belum ada jawaban dalam beberapa hari, Anda tidak perlu ragu untuk menelepon.

“Telepon dari Anda amat mungkin membuat manajer perusahaan itu tertarik melihat resume Anda. Satu resume dari ratusan resume di e-mail-nya. Gunakan pendekatan personal Anda untuk membangun hubungan dengan mereka.” (E-2)

Komentar