Jeda

Menyongsong Pesta Demokrasi Rakyat

Ahad, 12 February 2017 07:30 WIB Penulis:

PEMILIHAN kepala daerah (pilkada) serentak sudah di depan mata. Pada tahun ini, Indonesia melaksanakan pilkada serentak di 7 provinsi, 18 kota, dan 76 kabupaten.
Pelaksanaan pilkada secara se­rentak tentu akan memberikan dampak positif bagi keberlangsungan demokrasi di Indonesia. Selain menghemat anggaran, pilkada serentak diharapkan akan dapat mengurangi potensi konflik yang diakibatkan dari tensi politik.

Mendekati hari H pelaksanaan pencoblosan dalam pilkada Jepara, KPU Jepara mulai mendistribusikan logistik pemilu seperti kotak suara, bilik suara, surat suara, tinta, papan penghitungan, dan formulir, terutama di daerah yang cukup jauh dengan letak geografis yang sulit ditempuh.

“Setelah logistik pilkada dikirim di lokasi terjauh di Kepulauan Kecamatan Karimunjawa, hari ini logistik dari kecamatan mulai dikirim ke desa-desa yang berada di beberapa pulau,” kata Ketua KPU Jepara Haidar Fitri.

Para panitia pemungutan suara di berbagai daerah lainnya juga telah berjuang keras mewujudkan pilkada yang ideal. Tak kenal lelah, mereka rela meluangkan waktu untuk mengurusi nasib bangsa. “Alhamdulillah TPS sudah hampir selesai dilakukan, tetapi masih ada kekurangan mulai kain penutup tiga kamar, spanduk selamat datang di TPS 23,” kata anggota PPS Kampung Gunung Karikil, Kecamatan Cihideung, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, Ade Maman, 51.

Ia berharap masyarakat bisa datang dan menentukan pilihan. Namun, ia meminta maaf karena lokasi TPS sangat terbatas, terutama tidak ada lahan untuk pencoblosan dan hanya memanfaatkan pekara­ngan rumah. (Zuq/AS/AD/M-2)

Komentar