Pesona

Kecantikan Tiga Negeri

Ahad, 5 February 2017 03:30 WIB Penulis:

MI/BARY FATAHILLAH

GAUN berpotongan A itu menampilkan kesan vintage sekaligus segar dengan material batik motif sawunggaling berwarna cerah. Sementara itu, di sampingnya terdapat busana yang tidak kalah feminin dan cantik dengan batik berwarna sogan bermotif bunga-bunga.

Itulah sebagian karya desainer Edward Hutabarat yang dipamerkan dalam pameran Tiga Negeri di Dialogue, Kemang, Jakarta. Pameran yang berlangsung 22 Januari-5 Februari itu menampilkan busana-busana yang mengangkat material batik dengan pengaruh budaya Tiongkok, Jawa, dan Belanda. Budaya Jawa ditampilkan dengan warna-warna sogan dan motif filosofis, Tiongkok dengan warna cerah sementara Belanda dengan ciri khas warna biru.

Budaya Tiongkok dan Belanda memang memberi pengaruh besar pada perkembangan batik Tanah Air. Dengan pengaruh dua negara itu, lahir motif-motif batik yang unik dan dikenal hingga kini. Contohnya motif mega mendung yang berasal dari budaya Tiongkok.
Motif-motif khas itu pula yang ditampilkan lagi desainer-desainer Tanah Air dalam pameran ini. Selain Edward, Didi Budiardjo dan Adrian Gan juga mempersembahkan koleksi pada pameran ini. Big/M-1

Komentar