Kuliner

Penyet ala Grand Tjokro

Ahad, 5 February 2017 00:30 WIB Penulis: */M-4

MI/Susanto

DEKORASI kendi dan wayang menambah kental nuansa tradisional yang hendak ditonjolkan Hotel Grand Tjokro, Jakarta Barat. Tidak hanya dekorasinya, menu restoran Tjokro pun menonjolkan berbagai olahan khas daerah yang patut dicicipi. Khusus Februari dan Maret, Anda harus mencoba ayam atau bebek penyet.

Sajian seharga Rp65 ribu itu dibuat langsung executive sous-chef, Chef Adam. Bila dilihat dari penampilan, mungkin Anda berpikir sama saja dengan sajian di ayam penyet yang menggunakan bumbu kuning. Yang berbeda campuran santan dalam olahan ayam atau bebek, yang setelah itu melalui proses presto.

“Kalau biasanya ayam dimasak biasa, di sini kami presto dengan api yang kecil selama 1 jam,” jelas Chef Adam.

Penggunaan api kecil saat presto itu, lanjut Chef Adam, membuat tekstur daging kedua unggas tersebut tetap bagus. Tentunya menikmati ayam penyet tidak lengkap tanpa sambal. Khusus untuk sambal, Chef Adam menggabungkan cabai, bawang merah, bawang putih, dan tomat yang sebelumnya sudah ditumis terlebih dahulu dan diulek kasar.

Namun, bagi Anda yang tidak menyukai pedas, Anda bisa memesan sajian ini tanpa pendamping sambal. Tentu saja, ayam atau bebek penyet itu semakin lengkap dengan potongan timun, tomat, kacang panjang, kol, serta taburan bawang goreng di atas nasi yang dibungkus daun pisang.

Sajian ini tersedia sepanjang hari di hotel ini. Namun, bila Anda ingin menikmati sarapan di hotel bintang empat ini, Anda bisa melakukannya. Berbagai pilihan makanan dengan gaya buffet. Tentunya yang patut dicoba ialah sudut untuk jamu. Pilihan minuman tradisional ini sangat pas diminum di pagi hari.

Setelah menyantap ayam penyet yang pedas, saatnya menyegarkan kembali tenggorok Anda. Coba afterglow dan mango mojito. Afterglow merupakan campuran antara jus jeruk dan nanas ditambah grenadine sirop. Hasilnya perpaduan rasa manis dan asam yang seimbang mambu menyegarkan Anda lagi. Sementara itu, mango mojito ialah perpaduan antara jus mangga, jus lemon, daun mint, dan soda.

Jika datang ke Restoran Tjokro setelah Maret dan bingung menu apa yang harus dipesan, Anda bisa mencoba aneka soto yang menjadi menu andalan restoran ini. Makanan di restoran ini dihargai mulai Rp25 ribu sampai Rp105 ribu.

Selamat berkuliner. (*/M-4)

Komentar