Travelista

Mulai April, Penerbangan Jakarta-Banyuwangi tanpa Transit

Selasa, 31 January 2017 21:36 WIB Penulis: Antara

ANTARA FOTO/Budi Candra Setya

PENGOPERASIAN penerbangan langsung dari Banyuwangi ke Jakarta dan sebaliknya akan mulai dilakukan pada April 2017. Hal itu seiring dengan pengoperasian terminal baru Bandara Blimbingsari.

"Semoga terealisasi target pengoperasiannya pada April tahun ini, dari Banyuwangi ke Jakarta tanpa transit di Surabaya," kata
Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas kepada wartawan di Surabaya, Selasa (31/2).

"Penerbangan Banyuwangi-Jakarta nanti akan bersamaan dengan pengoperasian terminal baru bandara," imbuh bupati dua periode tersebut.

Saat ini, kata Anas, masih dalam tahap persiapan dan proses lelang sekaligus penebalan landasan bandara menjadi PCN 40 pada Maret mendatang, juga perpanjangan apron di terminal baru Bandara Blimbingsari.

Menurut dia, pengoperasian rute penerbangan tersebut dipastikan akan semakin meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke Bumi Blambangan karena akses transportasi yang semakin mudah.

Terkait maskapai, Anas mengatakan bahwa Kementerian Perhubungan sudah mengeluarkan izin yang salah satunya akan menggunakan pesawat Sriwijaya Air jenis Boeing berkapasitas hingga ratusan penumpang.

Saat ini terdapat dua pesawat jenis ATR yang melayani rute Surabaya ke Banyuwangi pulang pergi, yaitu Garuda Indonesia dan Wings Air.

Bandara Blimbingsari Banyuwangi kini mempunyai terminal baru dengan arsitektur hijau yang unik dan bernuansa etnik berkapasitas 250 ribu penumpang per tahun.

Selain tampil dengan arsitektur penuh estetika, terminal itu mengedepankan penghematan energi dengan pendekatan konsep rumah tropis yang mengutamakan penghawaan udara alami alias tanpa pendingin udara, namun tetap sejuk dengan penanaman berbagai jenis tanaman dan konservasi air.

Desain interior terminal juga dikonsep minim sekat untuk menggaransi kelancaran sirkulasi udara dan sinar matahari yang di dalam terminal juga terdapat kolam-kolam ikan yang berfungsi mengurangi tekanan udara sehingga suhu ruang tetap sejuk. (X-12)

Komentar