Kuliner

Rendang Mengangkasa

Ahad, 29 January 2017 01:00 WIB Penulis: (Rin/M-1)

Antara

SIAPA yang tidak mengenal rendang? Sajian daging yang digulai dengan santan hingga kuahnya kering khas Padang itu sudah diakui sebagai makanan terlezat di dunia berdasarkan survei CNN pada 2011. Menyantap sajian ini tentunya bisa dilakukan di berbagai rumah makan. Namun, bagaimana bila menyantapnya saat berada di angkasa? Seperti dalam kicauan Burhanuddin Muhtadi di akun Twitter @BurhanMuhtadi. ‘Rendang mendunia?? Emirates menyajikannya dalam penerbangan dari Christchurch ke Dubai via Sydney’.

Melalui Regional Catering Manager, Emirates Airline Antony McNeil mengaku kehadiran rendang dalam menu penerbangan mereka mulai 2013. “Emirates menyiapkan menu khusus pada penerbangan regional dari dan menuju Jakarta pada 2013 dan rute Denpasar, Bali, pada Juni 2015,” ujar Antony McNeil melalui surel kepada Media Indonesia, pekan lalu. Setiap menu penerbangan Emirates disesuaikan dengan tujuan akhirnya. Sebagai katering penerbangan global, Emirates benar-benar mempertimbangkan menu yang sesuai dengan menarik berbagai selera dan referensi.

“Kami sangat senang membawa kuliner Indonesia kepada konsumen, menghadirkan makanan lokal seperti rendang, nasi goreng, dan opor ayam,” ujar McNeil, seraya menyatakan Emirates sebagai satu-satunya penerbangan yang memiliki kuliner autentik setiap kawasan. “Selain merancang menu regional, kami memastikan menggunakan bahan baku yang segar untuk makanan yang berkualitas,” imbuhnya. Sejak kehadiran rendang, McNeil mengaku respons penumpang sangat positif.

“Seiring dengan waktu, resep kami disesuaikan untuk menangkap gaya rendang Indonesia,” ujarnya. Rendang, lanjut McNeil, hadir dalam penerbangan dari dan ke Jakarta. Namun, mereka juga menyediakan di rute Singapura, Bali, Kuala Lumpur, dan Phuket. Di samping itu, di penerbangan jarak jauh kedua internasional dan juga pada rute regional jarak pendek dalam Teluk. “Menu akan diganti bulanan,” cetusnya. Semua menu yang disajikan sebelumnya dirancang manajer katering regional dan tim pengembangan konsep yang membuat sampel sesuai dengan kawasan yang dituju. Tidak hanya rendang, lo, yang disediakan di Emirates. Sejumlah makanan asli Nusantara juga bisa dinikmati di ketinggian. (Rin/M-1)

Komentar