Teknopolis

Tahun ini Malware Bakal Semakin Canggih

Selasa, 24 January 2017 20:01 WIB Penulis: Lufthi Anggraeni

MI/Rommy Pujianto

BERDASARKAN pengamatan dari tren tahun lalu, Kaspersky Labs memprediksi tahun ini serangan malware dan kejahatan siber lain akan semakin canggih. Salah satunya adalah peretasan spionase yang ramai diperbincangkan pada tahun lalu. "Jadi, kita tidak lagi bisa berharap dengan antivirus standar," ujar Territory Channel Manager, Kaspersky Labs, Dony Koesmandarin, di Jakarta, Selasa (24/1). Kapersky adalah perusahaan penyedia antivirus.

Menurut Dony, serangan ini diramalkan akan menjadi salah satu hal yang menuntut perhatian serius dari berbagai pelaku industri yang memanfaatkan teknologi, termasuk pemerintahan. Pada tahun lalu, serangan ini muncul di berbagai pemberitaan setelah sejumlah negara diketahui melakukan kegiatan saling sadap.

Tahun 2017 juga diprediksi menjadi kebangkitan dari metode penyerangan lama, yaitu memory resident malware. Malware jenis ini umumnya akan bertahan pada memori perangkat dan mengumpulkan data selama berdiam di perangkat tersebut.

Memory resident malware ini akan dapat dihilangkan setelah pengguna melakukan proses reboot pada perangkat. Selain mengumpulkan data, malware ini juga ditujukan untuk memonitor secara umum kebiasan dan aktivitas pengguna perangkat yang terinfeksi.

Selain itu, penyerangan terhadap sistem pembayaran juga masih menjadi tren yang akan terjadi selama tahun 2017. Penyerangan jenis ini dinilai Kasperky Labs akan semakin populer dan akan semakin umum, berkat semakin banyaknya layanan yang memanfaatkan sistem dompet digital. MTVN/OL-2

Komentar