Travelista

Pelesir Akhir Pekan di Bogor

Ahad, 22 January 2017 03:30 WIB Penulis: SURYANI WANDARI wandari@mediaindonesia.com

ANTARA/ARIF FIRMANSYAH

MARI berlari dari keriuhan, menepi ke kota dengan temperatur yang bersahabat, jalanan dengan pohon-pohon tinggi di sampingnya, dan ritme yang lebih lambat. Temukan semuanya di Bogor, Jawa Barat, kota yang bisa ditempuh puluhan menit saja dari Jakarta jika lalu lintas bersahabat. Lalu, masuklah ke kamar hotel, dan jika khawatir dengan kabar tentang Bogor yang macet, gaya berlibur ala kaum urban masa kini, staycation, patut dicoba. Nikmati saja sepenuhnya fasilitas hotel dan sensasi piknik pun bisa dinikmati. Berenang dan bersantai di tepinya, menikmati sarapan dengan orang-orang tersayang, menjajal fasilitas spa, jalan-jalan di taman sekitarnya, menikmati interior yang inspiratif, dan tentunya berleha-leha di kasur.

Lalu, jika memang ingin mencecap suasana lain, kemudikan kendaraan dalam radius terbatas saja. Nikmati ruang publik di tengah kota, taman-taman yang kian apik, museum yang seru, tanpa mesti lama-lama bertarung dengan hiruk pikuk kepadatan kota. Salah satu pilihan yang patut masuk daftar piknik asyik di dalam Kota Bogor ialah Ibis Styles Bogor Raya yang dibuka pada 15 November 2016. Sebentar saja berkendara dari pintu keluar pintu Tol Bogor, hotel dengan pola dedaunan, ranting pohon, serta tekstur kayu berwarna hangat di interiornya ini bisa dijumpai.

Rusa Istana Bogor
Bahkan, ada sosok rusa dari Istana Kepresidenan Bogor serta Amorphophallus titanum atau bunga bangkai kebanggaan Kebun Raya Bogor pada dekorasi pop-art unik di semua kamar hotel bintang empat ini. Indra Gunawan, sang Hotel Manager menuturkan, hotelnya memiliki 205 kamar, terdiri atas 125 deluxe room, 60 deluxe golf room, 10 executive room, dan 10 family room dengan harga mulai Rp650 ribu per malam. Khusus buat keluarga yang jadi sasaran utama hotel yang menyasar pebisnis sekaligus pelancong ini, tersedia tempat bermain yang akan membuat keseruan itu juga dirasakan sang buah hati.

Ada pula restoran sTREATs, yang bersisian dengan kolam renang, yang menyediakan sarapan hingga makanan serba panggang pada akhir pekan. “Saya sekeluarga memang hobi eksplor hotel-hotel yang bagus, biasanya lihat di media sosial teman lain, atau lihat-lihat di situs booking hotel. Minimal sebulan seklai kita liburan di hotel, di Jakarta, Bogor dan sekitarnya. Enggak ngapa-ngapain, beneran santai, kalau mau belanja atau makan, ya cari yang dekat-dekat hotel saja,” kata Arie Gunawan, 30, sambil menggandeng putri kecilnya dari lobi hotel menuju parkiran. Mereka berencana mencari camilan di minimarket terdekat untuk kawan berenang sore itu.

Cepatnya waktu yang terasa berlalu di akhir pekan membuat Anda harus bergerak cepat untuk mengambil gambar dengan latar interiornya yang memang teramat instagramable untuk media sosial. Setelah itu, segera simpan saja ponsel Anda. Habiskan waktu untuk bersenang-senang dengan orang-orang tersayang!

Museum Zoologi
Jika si buah hati butuh eksplorasi lebih, kemudikan kendaraan menuju Kebun Raya Bogor (KRB) yang tiketnya Rp14 ribu per orang ditambah Rp30 ribu per mobil. Di sana ada Museum Zoologi yang patut disambangi karena telah direnovasi ulang sehingga tampilannya lebih terang. Museum yang bisa dikunjungi tak berbayar oleh pengujung KRB ini menampilkan berbagai jenis hewan dari seluruh Indonesia. Letaknya tak jauh dari pintu masuk sehingga baiknya eksplorasi ke sini diagendakan lebih dulu.

Ada kerangka aneka hewan di sini, mulai tapir, anoa, harimau, dan badak sumatra. Ruangan ditata rapi sesuai klasifikasi, ada ruang burung, mamalia, serangga, reptil dan amfibi, dan ruang ikan dan moluska. Ikon di sini, kerangka ikan paus asli yang ditemukan di pesisir pantai Pameungpeuk, Garut, Jawa Barat, pada 1916. Tempat ini terbilang museum zoologi tertua di Indonesia. Menurut MH Sinaga, pengelola Museum Zoologi, museum ini paling ramai dikunjungi saat anak-anak sekolah melakukan karya wisata, akhir pekan serta libur panjang. “Museum ini tidak pernah tutup bahkan Lebaran hari pertama pun kami buka,” ujar MH Sinaga. Seusai mengeksplorasi museum yang bangunannya saja sudah sangat inspiratif karena menempati gedung peninggalan Belanda bergaya art decp, nikmatilah ke­rindangan dan kesejukan KRB. Ada banyak tempat duduk atau hamparan rumput yang bisa digelari tikar.

Legenda jembatan merah
Pastikan juga mengunjungi jembatan gantung merah yang berjarak 10 menit berjalan kaki dari museum. Jembatan ini menghubungkan dua lokasi Kebun Raya Bogor yang terpisah Kali Ciliwung. Namun, mitos yang menjadikannya terkenal, pasangan kekasih yang melewati jembatan merah, percintaannya akan kandas. Di luar mitos itu, jembatan ini juga seru karena bisa menguji adrenalin. Jembatan ini akan sedikit bergoyang ketika Anda melintasinya. Namun, tentunya tetap patut disambangi, terutama buat mengambil swafoto. Jika ingin pengalaman lebih asyik, atau menyelingi perjalanan ke sini dengan aktivitas olahraga, sewa saja sepeda seharga mulai Rp10 ribu per jam. Bercengekrama sambil jalan-jalan di KRB akan membuat akhir pekan di Bogor komplet dan cukup buat mengisi energi menghadapi awal minggu!

Yuk ke taman kota!
Taman kota memang kini patut jadi daftar destinasi ketika mengeksplorasi kota. Pemerintah kota kini berlomba-lomba mendadani ruang publik agar tak kalah kece saat diabadikan di Instagram atau Facebook warga kota maupun pelancong yang mengabadikan kunjungan di sana. Bogor pun termasuk kota dengan taman-taman yang terbilang bersih dan tertata. Taman Kencana di kawasan Babakan ialah salah satunya. Di sini, anak-anak muda Bogor dan keluarga kota hujan duduk-duduk santai di bawah pepohonan yang rindang dengan teman atau keluarga Anda.

Taman Ekspresi
Lima menit jalan kaki dari Taman Kencana, ada Taman Ekspresi. Lokasinya di dekat Jalan Salak. Taman yang juga jadi favorit warga ini berdesain istimewa, ada semacam ampiteater di sini dengan tempat duduk berundak dengan ruang cukup luas di depannya. Sesuai namanya, taman ini memang disediakan untuk warga Bogor untuk menyalurkan ekspresi mereka. Usi, salah satu pengunjung yang datang, berucap, di Taman Ekspresi memang rutin diadakan pemutaran film. Kegiatan itu bertitel Sinema Taman. Selain dua taman ini, ada tujuh taman kota lainnya yang bisa dijelajahi, mulai Taman Air Mancur, Perlintasan, Malabar, Peranginan, Corat Coret, Heulang, serta Skateboard. (*/M-1)

Komentar