Features

Presiden pun Deg-degan Naik Panser Anoa Amphibi

Senin, 16 January 2017 17:45 WIB Penulis: Nur Aivanni

ANTARA/AKBAR NUGROHO GUMAY

KEDUA tangan Presiden Joko Widodo berpegang erat saat panser Anoa Amphibi memasuki danau Mabes TNI. Tak dinyana, ternyata pegangan erat tangan Presiden itu untuk menutupi rasa deg-degan saat panser buatan PT Pindad tersebut menyeberangi danau menuju Gedung Aula Gatot Subroto, tempat Rapim TNI Tahun 2017 akan digelar.

"Tadi juga semuanya deg-degan," aku Jokowi yang siang itu mengenakan setelan jas hitam kepada awak media seusai memberikan pengarahan dalam Rapim TNI tahun 2017, Mabes TNI, Cilangkap, Senin (16/1).

Jokowi datang ke Mabes TNI dengan disambut oleh jajar kehormatan di Pintu Utama (Delta II). Tak berselang lama, ia didampingi Kapolri Jenderal (Pol) Tito Karnavian dan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo menaiki panser Anoa Amphibi.

Panser dengan panjang 6 meter, lebar 2,5 meter dan tinggi 2,63 meter itu dikendarai oleh dua prajurit wanita TNI AD, yakni Serda (K) Lutfiah (Pussenif Kodiklat TNI AD) dan Serda (K) Melysa Situmorang (Pusdikif TNI AD).

Rutenya tak jauh, panser yang memiliki kecepatan 10 km/jam di dalam air tersebut hanya berjalan dimulai dari gerbang utama Delta II menuju danau Mabes TNI yang kemudian dilanjutkan ke Gedung Aula Gatot Subroto.

Sesampainya di depan Gedung Aula Gatot Subroto, Jokowi pun menyalami kedua prajurit wanita yang telah mengendarai panser bagi orang nomor satu di negara ini.

Jokowo sangat mengapresiasi panser buatan dalam negeri tersebut. Ia menilai panser tersebut memiliki kualitas yang baik. "Tadi masuk ke air pun sangat tenang sekali dan juga ke darat lagi," tambahnya.

Pada kesempatan itu, Jokowi memberikan pengarahan kepada seluruh peserta Rapim TNI. Rapim TNI 2017 akan berlangsung mulai 16 sampai 19 Januari 2017. Kali ini Rapim TNI mengangkat tema "TNI Kuat, Hebat, Profesional dan Dicintai Rakyat Siap Melaksanakan Tugas Pokok".

Selain pelaksanaan Rapim TNI, juga diadakan Pameran Alat Peralatan Pertahanan (Alpalhan) dan Pameran Sentra Pelayanan Pertanian Padi Terpadu yang bertempat di lapangan apel Gedung B III Mabes TNI Cilangkap. (X-12)

Komentar