Travelista

Pekerjaan Saya: Travel Blogger Profesional

Ahad, 8 November 2015 00:00 WIB Penulis:

Dok. Marischka Prudence

MELANCONG, kini bukan cuma soal bersenang-senang, menikmati destinasi dan pulang dengan hati gembira. Pelesir, kini juga bermakna pengalaman. Maka, kisah-kisah tentang interaksi dengan penduduk lokal, fasilitas wisata yang menghadirkan pengalaman baru, panorama luar biasa serta tampilan kultur yang berbeda, itu menjadi wahana yang teramat pas buat para blogger.

Kisah-kisah personal yang ditampilkan Muhammad Arif Rahman, pemilik backpackstory.me, marischkaprudence.blogspot.co.id, simbokvenus.com serta gemalahanafiah.wordpress.com itulah yang kemudian membuat pengelola hotel, resor, agen perjalanan, asuransi hingga Kementerian Pariwisata menggandeng mereka.

Profesi, dengan imbalan hingga Rp50 juta per bulan, seperti yang diungkapkan Wicak dan Driana Rini Handayani, pemilik simbokvenus.com itu kini menjadi pilihan karier baru. Jenis pekerjaan yang eksistensinya bisa jadi tak terbayangkan sebelumnya, dengan keistimewaan yang membuat mereka yang baru mengetahui aktivitas mereka, terkagum-kagum.

Jalan-jalan, sebagian diongkosi sponsor, menikmati berbagai destinasi, memotret, lalu menuliskan dengan sudut pandang personal yang kuat. Kendati begitu, strategi tetap mesti ditetapkan,

Gemala berdisiplin posting setiap Senin, hari yang orang mulai masuk ke rutinitas serta Kamis, ketika mesin pencarian tentang destinasi wisata mulai sibuk. "Jam yang paling bagus, pukul 07.00, serta pukul 12.00, 13.00, dan jam 22.00. Di jam itu, orang sedang berada di perjalanan, mengecek internet dan sosial media serta browsing sambil menunggu kantuk," kata Gemala yang mematok kompensasi senilai Rp2 juta hingga Rp10 juta per artikel.

Belum diakui
Kendati begitu, Venus yang mengaku bisa memenuhi semua kebutuhannya dari profesinya sebagai blogger, termasuk jalan-jalan, mesti menerima jika jenis karier pilihannya belum diakui pihak perbankan. "Untuk KPR belum bisa, jadi harus mencicil ke pengembangnya langsung. Tapi di beberapa negara maju, karier sebagai profesional blogger sudah masuk daftar jenis pekerjaan saat melamar visa," kata Venus.

Peluang-peluang baru, bahkan yang sebelumnya belum terbayangkan, terus muncul seiring pertumbuhan inovasi manusia. Mereka yang tak sekadar terpana, tetapi terampil mengambil peluang konsisten dan disiplin, menjadi juaranya.
(*/M-1)

Komentar