Humaniora

Robot Lanange Jagad Juara III di Beijing

Kamis, 12 January 2017 09:57 WIB Penulis: Agus Utantoro

youtube

ROBOT Lanange Jagad hasil karya mahasiswa dari Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta tampil sebagai juara III dalam kontes robot internasional, FIRA Robo World Cup di Beijing, China. Tim yang terdiri atas lima mahasiswa dan dua dosen pembimbing itu meraih juara tiga pada kategori wall climbing dalam kontes robot yang digelar pada pertengahan Desember 2016.

Wakil Rektor III Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Abdul Fadlil di Yogyakarta menyebut lima mahasiswa itu adalah Umar Abdul Maajid, Alfath Jumarianto, Nanda Cahya Pangersa, Anggit Pamungkas, dan Ahmad Sopi Samosir, serta dua dosen pembimbing yakni Abdul Fadlil dan Nuryono Setya Widodo.

"Kontes robot internasional tersebut diikuti 20 tim dari sembilan negara meliputi Tiongkok, Singapura, Malaysia, Indonesia, India, Kanada, dan Meksiko. Indonesia mengirimkan tiga tim yakni ITS, ITB, dan UAD," kata Fadlil.

Dosen pembimbing Nuryono Setya Widodo mengatakan FIRA Robo World Cup memiliki tujuan dasar mengambil semangat ilmu pengetahuan dan teknologi robotika untuk orang awam dan generasi muda dalam sebuah kompetisi robot canggih dalam ruang tertutup.

"FIRA Robo World Cup yang dimulai pada 1996 itu diharapkan akan membantu menumbuhkan ketertarikan dalam bidang robotika di kalangan generasi muda," kata dosen Teknik Elektro FTI UAD itu.(OL-4)

Komentar