Otomotif

GyroCycle Sepeda Motor Unik Antiroboh

Kamis, 12 January 2017 07:20 WIB Penulis:

DOK.THRUSTCYCLE ENTERPRISES

MENGENDARAI sepeda motor memang sangat mengasyikkan karena pengendara bisa lebih leluasa untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar mereka tanpa halangan apa pun. Hal itulah yang lantas menyebabkan sepeda motor identik dengan ‘kebebasan’.

Meski demikian, tidak sedikit yang enggan menggunakan kendaraan beroda dua itu lantaran membutuhkan kemampuan untuk bisa mengatur dan menjaga keseimbangan agar kendaraan tidak terjatuh, terutama saat sepeda motor bergerak lambat. Terlebih apabila sepeda motor itu memiliki bobot yang berat.

Guna menutupi kelemahan itu, salah satu perusahaan bernama Thrustcycle Enterprises merancang sepeda motor yang didesain untuk menjaga keseimbangan. Sepeda motor tersebut diberi nama sesuai dengan teknologinya, yaitu GyroCycle.

Seperti sepeda motor ‘self-balancing’ lainnya, GyroCycle mampu berdiri tegak berkat adanya roda gila (fly-wheel) pada bagian dalam yang mampu menciptakan efek giroskopis saat roda gila berputar.

Efek giroskopis itu dapat menjaga kendaraan tetap berdiri tegak dengan sendirinya tanpa penyangga sepanjang kendaraan atau sepeda motor hidup ataupun menyala.

Itu artinya sepeda motor itu tidak hanya otomatis kembali tegak dengan sendirinya saat rebah setelah melahap tikungan, tapi juga bisa berdiri sendiri saat dalam kondisi diam seperti ketika berhenti menunggu lampu pengatur lalu lintas menyala hijau.

Dengan demikian, Anda tentu tidak perlu repot lagi menurunkan kaki di lampu merah atau ketika bergerak perlahan di sela-sela kendaraan lain saat mengarungi kemacetan.

Dapat dikatakan, sepeda motor itu sangat sulit untuk terbalik (roboh) saat mesinnya masih aktif.

Co-founder Thrustcycle Clyde Igarashi mengatakan versi akhir GyroCycle akan menggunakan motor listrik dengan sistem pelumasan dan pendinginan oli yang diproduksi Zev, lengkap dengan sistem baterai litium 8,5 Kw dari perusahaan yang sama.

Melalui sistem baterai litium itu, GyroCycle bakal memiliki kemampuan menjelajah sekitar 129 km dengan kecepatan maksimal hingga 121 km/jam.
“Kami bekerja bersama dengan sebuah custom builder untuk menjalankan produksi terbatas pertama serta mengantisipasi pasar di 2017,” ungkap Igarashi.

Soal harga, dia masih belum merilisnya secara resmi. “Harganya belum final, tetapi perkiraan saya seharusnya tidak lebih dari US$20 ribu. Harganya tentu jauh lebih rendah lagi, saat kendaraan ini sudah masuk tahap produksi penuh,” pungkas Igarashi. (Cdx/TrustCycle/S-4)

Komentar