Otomotif

Adu Canggih di Tahun Ayam

Kamis, 12 January 2017 07:00 WIB Penulis: Iqbal Musyaffa

DOK.DAIMLER AG

PERKEMBANGAN zaman selalu melahirkan temuan serta pengembangan baru di bidang teknologi yang semakin mempermudah kebutuhan hidup sehari-hari. Itu pun terjadi di industri otomotif.

Pada 2017 yang dikenal sebagai Tahun Ayam ini, para produsen otomotif berlomba-lomba menyajikan kendaraan terbaru dengan inovasi pada fitur-fitur beserta teknologi terkini.

Tujuannya tidak lain untuk memenuhi kebutuhan dan kenyamanan pengguna kendaraan yang kian hari semakin menuntut lebih fungsi kendaraan bukan hanya sebagai alat transportasi.

Mercedes-Benz, misalnya, memiliki sistem telematik comand online, yakni sistem multimedia yang menggabungkan aspek infotainment, navigasi, dan komunikasi.

Department Manager Product Management Sales Operation Mercedes-Benz Passenger Cars PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia Yudi Lesmana mengatakan sistem tersebut juga mengintegrasikan penyimpanan hard disk internal untuk menyimpan data-data personal pengguna.

"Jika dihubungkan dengan telepon genggam dan koneksi internet, comand online akan tersambung dengan internet untuk kenyaman konektivitas dan dapat berfungsi sebagai WLAN/wi-fi hotspot," jelasnya ketika dihubungi Media Indonesia, Rabu (11/1).

Mercedes-Benz juga menyematkan fitur-fitur terbaru seperti peningkatan fitur keselamatan PRE-SAFE sebagai fitur keselamatan standar seluruh model E-Class.

"Fitur itu ialah fitur reaksi untuk mempersiapkan pengendara apabila sistem komputer mendeteksi kemungkinan terjadi tabrakan dan mengurangi potensi cedera bagi pengendara."

Mercedes-Benz juga mengembangkan teknologi telematik generasi terbaru NTG5.5.

Teknologi telematik terbaru ini akan disandingkan dengan media display terbaru dan tampilan layar yang lebih besar serta berteknologi resolusi tinggi.

Terkait dengan tuntutan konsumen yang ingin kendaraan hemat bahan bakar serta ramah lingkungan, ia menjelaskan mobil mewah asal Jerman itu memiliki teknologi blue efficiency atau penggunaan bahan yang lebih ringan tapi tetap mengutamakan keselamatan pengendara.

"Seperti penggunaan bahan baja ringan pada sistem suspensi yang bisa mengurangi bobot kendaraan. Selain itu, terdapat penggunaan pencahayaan berteknologi fiber optik yang disandingkan dengan lampu LED yang mampu menghemat penggunaan energi," tuturnya.

Untuk fitur tambahan lain, hampir seluruh kendaraan penumpang Mercedes-Benz memiliki teknologi collision prevention assist plus (active brake assist).

Teknologi ini sangat membantu pengendara dalam menjaga jarak aman dengan kendaraan yang ada di hadapannya.

Beberapa kendaraan dengan class lebih tinggi seperti Mercedes-Maybach dan beberapa kendaraan Mercedes-AMG sudah dilengkapi dengan teknologi driving assistance package plus tersebut.

Mesin turbo

Teknologi baru turut diperkenalkan pabrikan Honda.

Direktur Pemasaran dan Layanan Purna Jual PT Honda Prospect Motor Jonfis Fandy mengatakan Honda pertama kali memperkenalkan mesin turbo untuk kendaraan CBU di Indonesia.

"Nanti untuk kendaraan yang dirakit di dalam negeri (CKD), dilengkapi mesin turbo. Sekarang ini memang baru untuk kendaraan Honda Civic saja," ujarnya.

Dengan penggunaan mesin turbo, kapasitas silinder (cc) kendaraan bisa lebih kecil dan penggunaan bahan bakar semakin irit, tapi tenaga yang dihasilkan justru semakin besar.

Selain itu, Honda juga memiliki teknologi CVT untuk transmisi nyaman tanpa hentakan ketika proses perpindahan gigi.

Teknologi ini diklaim juga berkontribusi pada penghematan konsumsi bahan bakar.

Pada ajang North American International Auto Show (NAIAS) yang tengah berlangsung di Detroit, Honda memperkenalkan teknologi terbaru lewat model All New Honda Odyssey.

Teknologi itu, antara lain new display audio yang sudah kompatibel dengan Apple CarPlay dan Android Auto, dapat terkoneksi dengan 4G LTE serta wi-fi.

Sementara itu, Toyota masih mengandalkan teknologi mesin D4D common rail untuk kendaraan berbahan bakar diesel, ECU (electronic control unit), EDU (electronic driving unit), teknologi VVT-i, dan teknologi mesin pintar Valvematic yang mampu menghadirkan efisiensi bahan bakar sesuai dengan putaran mesin.

Vice President Director PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia Warih Andang Tjahjono mengatakan event terbesar Toyota untuk memperkenalkan terobosan teknologi dan produk sudah dilakukan pada 2015-2016.

Untuk 2017 tidak banyak perubahan yang terjadi.

"Nanti sekitar tahun 2020, baru bakal ada terobosan besar dari kami dari sisi pengembangan teknologi dan produk dengan sesuatu yang lebih maju dan unggul," tandasnya. (S-4)

Komentar