Otomotif

Tunggangan Baru Bidik Pasar AS

Kamis, 12 January 2017 06:40 WIB Penulis: Iqbal Musyaffa

AFP/BILL PUGLIANO

AJANG pameran otomotif North American International Auto Show (NAIAS) 2017 di Kota Detroit, Michigan, Amerika Serikat (AS), dimeriahkan dengan hadirnya tunggangan-tunggangan baru yang siap dipacu.

Beberapa pabrikan tidak ingin tertinggal memamerkan produk terbaru pada pameran yang berlangsung sejak 8 hingga 22 Januari tersebut.

Itu disebabkan pasar otomotif di sana amat besar dengan penjualan sebanyak 17,7 juta unit sepanjang 2016.

Salah satunya ialah Honda yang melakukan peluncuran perdana di dunia All New Honda Odyssey versi Amerika.

Mobil itu tampil dengan mesin Honda i-VTEC 3.5 liter V6 dengan transmisi 10 percepatan atau yang pertama di kelas minivan.

All New Honda Odyssey menampilkan fitur baru berupa New Magic Slide Seats pada bangku baris keduanya, berupa easy access mode, super mode, wide mode serta buddy mode.

Fitur baru lainnya ialah new display audio yang sudah kompatibel dengan apple carplay dan Android auto, dapat terkoneksi dengan 4G LTE serta wi-fi.

Ada pula cabin watch, cabin talk, cabin control connected rear entertainment system, serta social playlist.

President dan CEO Honda Motor Co Ltd Takahiro Hachigo mengatakan pada akhir 2016 Honda mencatat produksi kumulatif global sebanyak 100 juta unit sejak 1963 dan lebih dari 65% terjual di AS.

"Tahun ini juga menandai 40 tahun produksi pertama kami di kawasan Amerika. Hingga kini kami ada 12 pabrik di kawasan Amerika."

Selanjutnya Toyota yang menghadirkan andalan terbaru generasi kedelapan Camry, All New Camry model 2018 untuk pertama kalinya di NAIAS 2017. Camry ialah sedan terlaris di AS selama 15 tahun terakhir.

Versi terbaru Camry hadir dengan tampilan berubah total sehingga jadi sporty dan gaya.

Meski begitu, fungsi utama sebagai sedan yang aman tetap tidak hilang dari sosok Camry terbaru ini. All New Camry model 2018 didesain Toyota New Global Arsitektur (TNGA).

Senior Vice President of Automotive Operations Toyota Bob Carter mengatakan tak perlu diragukan lagi The All-New Camry 2018 merupakan mid-size sedan paling menawan.

"Desain rahang mobil yang lebih ke bawah, teknologi lebih maju, sistem keamanan mutakhir, serta kinerja dengan tingkat kegembiraan yang tak tertandingi," ungkapnya.

Debut hibrida listrik

Tak kalah saing, Mercedes-Benz turut menampilkan Mercedes E-Class, sedan mid-size yang paling populer dengan beberapa penambahan tampilan baru.

Sedan ini memiliki model lebih ramping jika dibandingkan dengan sebelumnya, layar baru 12,3 inci LCD, bumper baru pada eksterior.

Juga ada tombol kontrol touchpad pada roda kemudi dan menawarkan tiga pilihan suspensi yang berbeda pada transmisi kecepatan.

BMW kali ini menampilkan dua produk baru. Pertama, 5-Series yakni kendaraan hibrida listrik yang memulai debut di Detroit kali ini.

Jajaran BMW 5-series antara lain BMW 540i, M550, dan 530e Iperformance. Setiap varian baru ini memiliki mesin halus dan diklaim efisien dalam penggunaan bahan bakar dengan fitur teknologi baru, termasuk parkir remote control dan sistem mengemudi semiotonom.

Kedua yakni BMW X2 Concept untuk segmen crossover dengan desain perpaduan coupe dan crossover X3.

Spesifikasi lengkap mengenai mobil ini masih belum dirilis secara resmi oleh BMW.

Tak ketinggalan Audi memperkenalkan Audi Q8, sebuah kendaraan SUV yang lebih besar, lebih persegi, lebih sporty dan tajam pada bagian atas bila dibandingkan dengan pendahulunya, SUV Q7.

Produk teranyar ini dibuat untuk menandingi Mercedes GLE Coupe dan BMW X6.

Audi Q8 memiliki mesin V6 diesel 3.0 liter dan daya 435 horsepower.

Selanjutnya, pabrikan Korea Selatan, Kia, yang mulai melambung di AS ketika pebasket LeBron James didaulat menjadi brand ambassador Kia K900.

Kali ini, Kia memadukan kendaraan berpenampilan sporty sekaligus seperti grand touring sedan yang diwujudkan dalam tampilan Kia GT.

Cadillac pun berpartisipasi pada ajang NAIAS untuk kedua kalinya dengan mengeluarkan Escala.

Cadillac Escala sebagai sedan empat pintu berteknologi terkini hadir dengan tampilan menawan dan memiliki sistem otomatisasi, konektivitas, dan desain interior yang anggun.

Selanjutnya Lexus meluncurkan LS Sedan sebagai andalan. Versi generasi kelima Lexus LS Sedan ini memiliki rear-wheel drive premium serta pengalaman lebih dinamis di jalan daripada seniornya.

Infiniti meluncurkan QX50 yang merupakan evolusi QX Sport Inspiration.

Terdapat teknologi baru pro-pilot yang memungkinkan mobil melakukan navigasi lalu lintas lambat dan memantau mobil lain secara otomatis.

Volkswagen (VW) ikut menampilkan Tiguan Allspace.

Tahun lalu, pembelian VW Tiguan di AS mencapai 22% dari pangsa pasar di AS.

Terakhir, Chevrolet meski sedang lesu meluncurkan Traverse terbaru dengan tampilan lebih segar untuk bertarung dengan produk SUV yang ramai beredar di pasar AS. (S-4)

Komentar