Internasional

Korut Mampu Membuat 10 Bom Nuklir

Kamis, 12 January 2017 04:10 WIB Penulis: (AFP*/I-1)

(AP Photo/Wong Maye-E)

KEMENTERIAN Pertahanan Korea Selatan memperkirakan Korea Utara saat ini memiliki sekitar 50 kilogram plutonium pada akhir 2016 yang cukup untuk memproduksi 10 bom nuklir. Jumlah itu meningkat dari 40 kilogram plutonium delapan tahun lalu. Dalam laporannya, Kementerian itu juga mengatakan Pyongyang memiliki kemampuan yang 'cukup' untuk memproduksi senjata dari uranium berkualitas tinggi.

Namun, laporan itu tidak menyebutkan simpanan uranium Korut yang bisa dibuat senjata lantaran program uranium negeri komunis itu sangat rahasia. Institute for Science and International Security yang berbasis di Amerika Serikat memperkirakan pada Juni lalu bahwa total senjata nuklir Korut berjumlah lebih dari 21 bom, meningkat dari 10-16 senjata pada 2014, berdasarkan perkiraan jumlah plutonium dan uranium yang dimilikinya.

Korea Utara telah meningkatkan persediaan plutonium dengan mengaktifkan kembali reaktor nuklirnya di Yongbyon, ujar kementerian pertahanan. Reaktor Yongbyon dinonaktifkan pada 2007 berdasarkan kesepakatan bantuan untuk perlucutan senjata, namun mulai direnovasi setelah uji coba nuklir ketiga Pyongyang pada 2013. Jenis plutonium yang cocok untuk bom nuklir biasanya perlu diekstrak dari bahan bakar reaktor nuklir.

Komentar