Sepak Bola

PSSI Tunda Pelatnas Tim U-23

Kamis, 12 January 2017 02:30 WIB Penulis: (Rul/R-1)

ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf

RENCANA pemusatan latihan nasional (pelatnas) sepak bola tim U-23 untuk SEA Games 2017 Kuala Lumpur, Malaysia, dipastikan molor. Posisi pelatih yang belum ada membuat PSSI menunda pelatnas menjadi awal Februari mendatang. "Ya kita realistis saja lah dengan kondisi sekarang ini, harapan kami paling lambat Februari awal pelatnas sudah bisa berlangsung," ujar Sekretaris Jenderal PSSI Ade Wellington saat ditemui awak media di Kantor PSSI, Kuningan, Jakarta, Rabu (11/1).

Saat ini, PSSI sudah mengerucutkan nama pelatih asing yang akan memimpin timnas ke SEA Games. Dari 10 nama pelatih, terpilih dua pelatih asing asal Spanyol yang dianggap terbaik, yaitu Luis Milla dan Luis Fernandez. Ade pun mengatakan, saat ini PSSI masih belum menentukan siapa pelatih yang terpilih karena semua masih dalam proses. "Kita akan sampaikan nama pelatih saat kontrak sudah pasti ditandatangani," jelasnya. Di bagian lain, terkait dengan rencana untuk menggulirkan kompetisi sepak bola profesional Liga Super Indonesia pada Maret mendatang, PSSI diminta secepatnya berkoordinasi dengan Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI).

Hal itu diungkapkan Deputi IV Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kementerian Pemuda dan Olahraga Gatot S Dewa Broto di Jakarta, Rabu (11/1). "Hak PSSI untuk menggulirkan kompetisi, tetapi poin yang ingin kami sampaikan ialah kompetisi itu harus ada koordinasi yang baik antara PSSI, PT Liga selaku operator, dan BOPI. Apa yang menjadi pegangan BOPI ialah regulasi di Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) dan Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC)," ujar Gatot.

Gatot pun mengungkapkan komunikasi yang intens antara PSSI dan BOPI diperlukan supaya kompetisi profesional berjalan baik sesuai aturan. Pasalnya, kompetisi profesional di berbagai cabang olahraga termasuk sepak bola harus mendapat surat rekomendasi dari BOPI agar dapat terlaksana. Sekjen PSSI Ade Wellington menyatakan terus meningkatkan komunikasi dengan BOPI. Sesuai aturan main yang berlaku, lanjut Ade, PSSI pun harus menjaga sinergi yang lebih baik dengan BOPI

Komentar