Olahraga

Cegah Doping Pemerintah akan Perkuat LADI

Kamis, 12 January 2017 01:30 WIB Penulis: (Rul/R-3)

(AP Photo/Matt Dunham)

UNTUK mencegah para atlet menggunakan doping di masa mendatang, pemerintah mengaku akan kembali memperkuat peran Lembaga Antidoping Indonesia (LADI). Penegasan itu dilontarkan Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nachrawi. "Ke depan, kami berencana memperkuat kelembagaan LADI. Lembaga tersebut wajib menyosialisasikan obat-obatan yang masuk kategori doping atau mengandung zat yang dilarang penggunaaannya oleh Badan Do-ping Internasional (WADA)," tegas Imam.

Keinginan Imam untuk memperkuat LADI itu tidak lepas dari kasus 14 atlet yang berlaga pada Pekan Olahraga Nasional (PON) Jawa Barat 2016 dan Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) 2016 yang positif doping. Menurut Imam, selain memperkuat keberadaan LADI, pihaknya juga akan membentuk dewan disip-lin antidoping.

"Dewan disiplin harus diisi orang-orang yang sesuai. SK sudah ada di meja saya. Yang pasti, dewan disiplin secepat mungkin harus mulai bekerja. Yang pasti persoalan doping ini jangan dilihat sebelah mata. Apalagi jumlah atlet yang terindikasi doping kali ini lebih tinggi ketimbang saat PON Riau,," ujar Imam.

Komentar