Olahraga

Panitia Rangsang Klub dengan Subsidi

Kamis, 12 January 2017 01:15 WIB Penulis: (Mag/R-3)

thinkstock

SETELAH absen pada 2016, Djarum Superliga Badminton dipastikan kembali hadir tahun ini. Tidak tanggung-tanggung, untuk menambah kualitas liga yang akan berlangsung pada 19-26 Februari mendatang di GOR DBL Arena, Surabaya, itu panitia menaikkan subsidi sebanyak empat kali lipat ketimbang gelaran terakhir pada 2015 untuk klub-klub peserta yang mendatangkan pemain asing. Djarum Superliga yang merupakan turnamen tahunan sempat absen pada 2016 karena para atlet elite tengah berkonsentrasi ke Olimpiade Rio de Janeiro 2016.

Kini, turnamen beregu tersebut hadir lagi dan diharapkan bisa lebih bergengsi. Salah satu upaya ke arah itu ialah dengan memberikan subsidi yang lebih besar pada klub-klub peserta yang ingin mendatangkan pemain asing. Pada 2015 subsidinya hanya US$1500, sedangkan kini meningkat jadi US$6 ribu. "Itu adalah subsidi tambah-an khusus bagi klub yang mau mendatangkan pemain asing. Pemain asing tidak kami batasi jumlahnya, tapi dibatasi cuma boleh ikut di dua partai. Selain itu, pemain asing yang didatangkan klub lokal haruslah memiliki peringkat dunia di bawah 100. Kami juga menyediakan subsidi dasar untuk semua klub sebesar Rp50 juta," jelas Direktur Djarum Superliga, Achmad Budiharto, kemarin.

Achmad menambahkan, subsidi diperbesar agar lebih banyak pemain asing papan atas yang ikut di ajang tersebut. Dengan bertabur pemain elite, kualitas liga diharapkan meningkat. Selain menambah subsidi, panitia juga meningkatkan total hadiah menjadi US$250 ribu atau setara dengan Rp3,3 miliar. Pada 2015 total hadiah yang diberikan US$200 ribu. Jumlah hadiah menjadi salah satu yang diandalkan untuk menjadi daya tarik bagi pemain-pemain mancanegara untuk bergabung.

Beberapa nama pebulu tangkis elite asing seperti Lee Yong-dae dan Lee Hyun-ill (Korea Selatan), Akane Yamaguchi dan Tanongsak Saensomboonsuk (Thailand), Marc Zwiebler (Jerman), dan Vladimir Ivanon (Rusia) tengah dalam proses negosiasi dengan klub-klub peserta. Mereka akan diverifikasi pada 24 Januari. Ketua Umum Pengurus Pusat Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PP PBSI) Wiranto menyambut gembira digelarnya kembali superliga.

Menurut dia, Djarum Superliga bisa menjadi kesempatan bagi pemain-pemain muda untuk merasakan berlaga melawan pemain papan atas. Selain itu, ajang itu ikut memopulerkan bulu tangkis di masyarakat. Karena itu, PBSI sangat mendukung ajang tersebut. Sembilan tim putra dan 10 tim putri dipastikan ambil bagian dalam Djarum Superliga 2017.

Komentar