On This Day

1935: Earhart Terbang ke California

Rabu, 11 January 2017 07:30 WIB Penulis:

wikipedia

AMELIA Mary Earhart ialah pelopor penerbangan, pengarang, dan pejuang hak perempuan Amerika Serikat. Ia menerima Distinguished Flying Cross karena menjadi perempuan pertama yang terbang sendiri menyeberangi Samudra Atlantik.

Pengalaman terbang pertamanya terjadi ketika ia pergi bersama ayahnya ke sebuah lapangan udara di Long Beach. Di sana, Frank Hawks, pembalap udara terkenal, memberikan tumpangan yang selamanya mengubah kehidupan Earhart. Setelah terbang selama 10 menit, ia memutuskan untuk belajar terbang. Earhart memulai pelajaran terbang pertamanya pada 3 Januari 1921 di Lapangan Udara Kinner.

Enam bulan kemudian, Earhart membeli sebuah pesawat bersayap ganda kuning Kinner Airster yang dinamainya Canary.

Pada 22 Oktober 1922, ia menerbangkan Canary pada ketinggian 14 ribu kaki dan menciptakan rekor dunia perempuan. Pada 15 Mei 1923, Earhart menjadi perempuan keenam yang memperoleh izin pilot oleh Federation Aeronautique Internationale (FAI).

Pada 11 Januari 1935, ia menjadi orang pertama yang terbang sendiri dari Honolulu, Hawaii, ke Oakland, California.

Penerbangan kali itu terlaksana tanpa ada kerusakan mekanik.

Namun, berbeda pada penerbangan terakhirnya, Earhart hilang secara misterius di Samudra Pasifik ketika melakukan penerbangan keliling dunia pada 1937. Ketertarikan banyak orang mengenai hidup, karier, dan misteri hilangnya Earhart masih tetap berlanjut sampai sekarang.

Komentar