Selebritas

America Ferrera Pimpin Barisan Artis Perempuan

Rabu, 11 January 2017 07:40 WIB Penulis: Retno Hemawati. retnoretno@mediaindonesia.com

AP/Evan Agostini

PEMERAN Betty Suarez dalam serial drama komedi Ugly Betty, America Georgine Ferrera, 32, akan memimpin barisan selebritas untuk pawai di Washington, Amerika Serikat (AS). Pawai yang disebut dengan Women's March itu akan digelar pada 21 Januari, tepat hari pertama AS dipimpin presiden baru terpilih, Donald Trump. Ferrera berhasil mengajak penyanyi Katy Perry, Cher, Zendaya, dan Angelique Kidjo. Selain itu, terdapat nama-nama tenar lain, yakni Scarlett Johansson, Amy Schumer, Chelsea Handler, Debra Messing, Frances McDormand, dan Julianne Moore.

"Sejak pemilu begitu banyak yang takut bahwa suara mereka akan tidak terdengar," kata Ferrera dalam keterangan tertulis, dikutip dari Billboard. Pawai itu diperkirakan akan diikuti 100 ribu orang dan bertujuan memberi pencerahan bagi semua manusia tidak hanya memperjuangkan hak-hak perempuan. "Sebagai seniman, perempuan, dan yang paling penting warga negara Amerika yang berdedikasi, sangat penting bahwa kita berdiri bersama-sama dalam solidaritas untuk perlindungan, martabat, dan hak-hak masyarakat kita. Hak imigran, hak-hak pekerja, hak reproduksi, hak lesbian, keadilan rasial, hak-hak lingkungan, dan gay, biseksual, transseksual, queer, interseks, aseksual (LGBTQIA). Itu semua memengaruhi kita semua," sambung dia.

Pernyataan itu ditambahkan Scarlett Johansson yang menyatakan alasannya turut berpartisipasi dalam pawai tersebut. "Saya berbaris di Washington agar presiden berikutnya tahu bahwa kita, laki-laki dan perempuan, sama. Kami tidak akan mundur atau bisa dibungkam, dan akan berjuang untuk melindungi tubuh kita dan pilihan kita," kata Johansson dalam pernyataannya.

Pawai akbar itu tidak hanya digelar di Washington. Lebih dari 150 pawai solidaritas yang diselenggarakan secara independen juga sedang direncanakan digelar di 50 negara bagian dan di 20 negara di seluruh dunia. Penulis, komedian, dan aktris Chelsea Handler, 41, dalam rencana juga menggelar acara serupa di Park City, Utah.

Hillary lover
Ferrera memang dikenal frontal dan tidak malu-malu memperlihatkan keberpihakan dan menyatakan pandangan politiknya, terutama dukungannya pada Hillary Clinton. Tahun lalu, dia secara aktif turut serta dan muncul di Konvensi Nasional Demokrat untuk kampanye Clinton saat ia mencalonkan diri sebagai presiden.

Melalui akun Instagram beberapa saat lalu, ia juga menyebut Clinton sebagai perempuan yang mengilhami dirinya untuk bekerja. "Tahun 2016 mengingatkan saya bahwa saya tinggal di sebuah negara yang memberi saya hak untuk menggunakan suara secara terbuka sekaligus bisa mengekspresikan pendapat dan berjuang untuk dunia. Saya ingin hidup pada 2016 dengan membuat sejarah pencalonan presiden perempuan pertama oleh partai besar." (H-3)

Komentar