MI Anak

BEST WRITER PERMATABANKIR CILIK: Permata Bank Impianku

Ahad, 8 January 2017 10:30 WIB Penulis: MI

MI/Adam Dwi

PADA suatu hari, siswa SDN Karet 01 Pagi Jakarta dipilih menjadi bankir cilik oleh kakak-kakak dari Bank Permata. Kami diajak kakak dari Bank Permata untuk melakukan pelatihan sambil bermain dan mendengarkan cerita.

Selanjutnya, sekolah kami dikunjungi kembali untuk melaksanakan kegiatan PermataBankir Cilik setiap Kamis. Kami diberi penjelasan tentang perbedaan uang, ATM, menabung, perbedaan debit dan kredit, permainan ular tangga, dan lainnya.

Pada Senin, 19 Desember 2016, kami diajak Bank Permata untuk penutupan acara di Kantor Media Indonesia di kawasan Kedoya, Jakarta Barat. Di sana kami belajar jurnalistik dan mencoba mewawancarai narasumber, yaitu Kak Dimas, customer service, Kak Neneng, kepala cabang dan Kak Mahpud, teller. Mereka semua bertugas di Permata Bank.

Dari wawancara, kami jadi tahu kepala cabang ialah orang yang bertanggung jawab memimpin semua cabang. Tugasnya mengatur supaya operasional, servis, serta pelayanan nasabah berjalan baik.

Menurut Kak Mahpud, menjadi teller minimal harus menempuh pendidikan diploma tiga jurusan ekonomi sehingga ia berkuliah selama tiga tahun. Kak Mahpud menjadi teller pada 18 april 2013.

"Tantangan teller harus teliti karena salah satu tugasnya menerima uang dengan cepat. Maksimal nasabah lainnya menunggu di teller selama 8 menit. Kalau lebih dari itu, berarti pekerjaan kita tidak maksimal. Teller juga harus ramah karena jika nasabah melihat wajahnya kusut, mereka akan pergi," kata Kak Mahpud.

Tak kalah penting, kata Kak Mahpud, harus jujur.

Setiap hari mereka memegang uang milik nasabah dan memastikan keamanannya.

"Jadi harus serius sekaligus ramah. Kuncinya 3S atau senyum, sapa, salam," kata Kak Mahpud yang menyarankan agar kita belajar mengelola uang dengan menjalankan prinsip 3i, yaitu jajanin atau digunakan untuk memenuhi kebutuhan, tabungi, atau disimpan sebagian dan tentunya sumbangi. Sebagian diberikan kepada mereka yang tak seberuntung kita. (M-1)

Juara 1
Lia Oktavia
Kelas 5, SDN Karet 01 Pagi

Komentar