Teknopolis

Ilmuwan Temukan Sinyal Asing dari Galaksi Lain

Ahad, 8 January 2017 09:15 WIB Penulis:

AFP

DUA tahun lalu, sekelompok ilmuwan berhasil menangkap sinyal asing yang datang dari angkasa luar. Sinyal berjenis fast radio burst (FRB) tersebut baru-baru ini dipastikan datang dari sebuah galaksi lain. Temuan itu membuat banyak spekulasi bermunculan, bahkan dianggap sebagai bukti adanya kehidupan di galaksi lain.

Sinyal dengan nama FRB 121102 tersebut ditemukan pertama kali oleh Shami Chatterjee dan koleganya. Sejak penemuan itu, Chatterjee, yang berasal dari Cornell University, berusaha mencari tahu sumber sinyal FRB tersebut. Penelitian pun dilakukan. Setelah melakukan riset selama dua tahun, akhirnya ia berhasil menemukan sumber sinyal misterius tersebut.

Menurut Futurism, Chatterjee dan tim ilmuwan lainnya menggunakan jaringan teleskop radio yang tersebar di seluruh penjuru bumi untuk menentukan sumber dari sinyal misterius tersebut. Dari hasil penelitian lebih lanjut, sinyal FRB 121102 diketahui berasal dari sebuah galaksi yang cukup jauh dari bumi, yaitu berjarak sekitar 3 miliar tahun cahaya.

FRB merupakan sinyal berupa gelombang energi yang mampu melintas alam semesta. Gelombang energi tersebut memang memiliki kecepatan yang sangat tinggi, bahkan hanya terdeteksi di bumi sekitar beberapa milidetik saja. Meski demikian, FRB memiliki energi yang sangat besar, bahkan bisa lebih besar daripada matahari.
Metrotvnews.com/H-3

Komentar