Pesona

Menyatukan Tiga Pesta

Ahad, 8 January 2017 01:20 WIB Penulis: SITI RETNO WULANDARI wulan@mediaindonesia.com

MI/ADAM DWI

IVAN Gunawan melihat adanya ke serasian dari momen perayaan Hari Natal, tahun baru, hingga Imlek. Keserasian itu ia tuangkan di atas batik kudus dan batik cirebon dalam nuansa warna, merah, hitam, dan putih. “Natal, Imlek, dan tahun baru memang erat dengan warna merah. Tetapi saya tidak mau monoton. Saya padukan dengan hitam dan putih agar kesan lebih elegan,” kata Ivan seusai konferensi pers di New Playground Lippo Mall Kemang, Jakarta, Rabu, (21/12/2016). Koleksi terbarunya itu dikeluarkan di bawah label Jajaka dan terdiri dari busana kasual, koktail, hingga resor.

“Saya dipercaya untuk menggarap kerajinan oleh Kabupaten Kudus. Mulai dari batik hingga bordir, saya bekerja sama dengan pengrajin di sana. Untuk batik yang digunakan saat ini, merupakan hasil print dan cap, sehingga harga jualnya pun terjangkau,” tambah pria yang juga terkenal sebagai juri di sebuah ajang pencarian bakat ini. Pada koleksi bertajuk Canting Merah ini terlihat Ivan banyak menggunakan motif bunga dan lurik. Motif ini tampil tetap modern berkat potongan busana yang simpel tapi unik. Salah satunya padanan celana Palazzo dan kemeja berlengan lonceng. Motif hadir di keseluruhan celana, tapi dalam nuansa warna merah putih. Sementara itu, pada bagian blus, motif hadir di bagian lengan. Busana yang dikenakan selebritas Mikha Tambayong itu makin menarik dengan aksen Obi.

Koleksi hijab
Meski bukan perayaan hari besar umat muslim, Ivan tetap mengeluarkan busana hijab pada koleksinya. “Enggak ada agama dalam fesyen. Saat sedang diskon, mau di momen apapun, baik Idul Fitri, Natal, atau hari besar umat agama lain, semua tetap berbelanja. Karena itu saya ingin mengakomodasi kebutuhan para pecinta karya saya yang berhijab,” imbuh Ivan. Aksen hoodie atau penutup kepala, baik terpisah maupun menyatu dengan busana, diberikan Ivan agar dapat dikenakan bagi kliennya yang berbusana muslim.

Seperti pada busana atasan dengan potongan asimetris di bagian depan dan berkerah tinggi dalam balutan motif lurik. Rancangan lainnya berupa atasan loose dengan kerah dan permainan lis berwarna merah, dipadankan dengan celana berpotongan lurus dengan motif bunga. Jadi, bagi pecinta karya Ivan yang mengenakan hijab, kini sudah ada padu padan segar yang diberikan desainer yang juga sering bertindak sebagai presenter itu. (M-3)

Komentar