Sela

Anemia Picu Gangguan Telinga

Sabtu, 7 January 2017 06:25 WIB Penulis: Ihs

Ilustrasi--MI/Caksono

ANEMIA defisiensi besi (iron deficiency anemia/IDA) atau kekurangan zat besi ternyata berisiko mengakibatkan gangguan, bahkan kehilangan pendengaran. Demikian hasil penelitian terbaru dari State University College of Medicine yang dipublikasikan dalam JAMA Otolaryngology - Head & Neck Surgery.

Penelitian dilakukan dengan menganalisis 305.339 data dari catatan medis elektronik Penn State Milton S Hershey Medical Center di Hershey, Pennsylvania, Amerika Serikat. Peneliti mendiagnosis IDA dengan mengamati tingkat feritin dan hemoglobin dalam darah para pasien.

Peneliti juga mengumpulkan informasi mengenai pende-ngaran pasien dengan memisahkan gangguan pendengaran yang diderita berdasarkan faktor risikonya.

"Hasilnya, terdapat hubungan antara IDA pada orang dewasa dan gangguan pendengaran. Dengan segera mengobati IDA dapat memengaruhi status kesehatan orang dewasa secara keseluruhan dari gangguan pendengaran," ujar Kathleen M Schieffer dari Pennsylvania State University College of Medicine. (MedicalNewsToday/Ihs/X-7)

Komentar