Sela

Punya Banyak Akun Medsos Picu Depresi

Jum'at, 6 January 2017 07:48 WIB Penulis:

MI/Seno

MEMILIKI banyak akun media sosial (medsos) memberi manfaat positif, tetapi bila menggunakannya tidak bijaksana, justru dapat mengganggu kesehatan mental. Demikian hasil penelitian Brian A Primack MD dari Pusat Penelitian Media, Teknologi, dan Kesehatan University of Pittsburgh, AS.

Primack melibatkan 1.787 generasi milenial yang lahir pada periode 1981 sampai 1997 (berusia 19-32 tahun) sebagai responden. Generasi milenial dipilih karena mereka yang paling banyak menggunakan medsos.

“Hasilnya makin banyak akun media sosial yang dimiliki makin rentan pula mereka pada gangguan kecemasan sampai depresi,” ujarnya.

Penelitian yang dilaksana­kan sejak 2014 itu, tambah Primack, menunjukkan mereka yang menggunakan tujuh atau lebih platform medsos berisiko gangguan kecemasan dan gejala depresi tiga kali lipat jika dibandingkan dengan mereka yang tidak main atau hanya memiliki dua akun medsos. Namun, penelitian itu tidak menjelaskan secara detail penyebabnya. Jadi, coba lihat penggunaan medsos Anda. Jika terlalu banyak, coba kurangi dan mulailah membangun hubungan langsung dengan orang-orang di dunia nyata. (National Geographic/Hym/X-7)

Komentar