Polkam dan HAM

Pilkada Tergantung Jorjoran Kandidat

Kamis, 5 January 2017 09:15 WIB Penulis:

ANTARA/RAHMAD

KEKAYAAN pasangan calon dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2017 di Bangka Belitung (Babel) diyakini berpengaruh kepada pemilih.

Analis kebijakan publik Stisipol Pahlawan 12 Sungailiat Babel Bambang Ari Satria di Pangkalpinang, kemarin, menilai karakteristik pemilih di Babel bisa dipengaruhi pemberian dari pasangan calon.

"Politik uang sangat berpengaruh di Babel. Berkaca pada Pilkada 2015, Babel masuk zona merah politik uang. Nah, jika dimainkan jelas sekali berpengaruh. Bisa antara 10% hingga 15% suara," terang Bambang.

Sehingga, menurut dia, pasangan Hidayat Arsani-Sukirman berpeluang unggul.

"Pertanyaannya, apakah Hidayat berani jorjoran memanfaatkan kekayaannya. Kalau berani, jelas sangat menguntungkan dia," tuturnya.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Babel mengumumkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) empat pasangan calon yang ada.

Dari empat kontestan itu, kekayaan Wakil Gubernur Bangka Belitung (Babel) 2014-2017 yang maju sebagai calon gubernur, Hidayat Arsani jauh mengungguli lawannya.

Berdasarkan LHKPN kekayaan Hidayat mencapai Rp73,2 miliar. Kekayaan calon yang diusung Partai Golkar, Hanura, dan Demokrat itu menurun lebih dari Rp9 miliar jika dibandingkan dengan awal menjabat.

Pada 2014, harta Hidayat mencapai Rp82,1 miliar.

Yusron Ihza Mahendra memiliki kekayaan Rp15,5 miliar.

Adapun berdasarkan laporan pada April 2016, harta mantan Duta Besar RI di Jepang itu mencapai Rp13,9 miliar.

Sementara harta calon gubernur petahana Rustam Effendi meningkat dari Rp10,4 miliar pada 2015 menjadi Rp12,9 miliar.

Calon Gubernur Erzaldi Rosman Djohan yang diusung Partai Gerindra, Partai NasDem, dan PKB memiliki harta Rp5,3 miliar atau meningkat jika dibandingkan dengan laporan pada 2015 sebesar Rp3,7 miliar.

Bupati Bangka Tengah nonaktif itu juga mempunyai harta dalam bentuk dolar sebanyak US$69.317.

Pilkada 2017 di Babel diikuti empat pasangan calon, yakni Yusron Ihza-Yusroni Yazid, Rustam Effendi-Irwansyah, Hidayat Arsani-Sukirman, dan Erzaldi-Abdul Fatah.

Untuk calon wakil gubernur, mantan Bupati Bangka Yusroni Yazid memiliki harta mencapai Rp4 miliar.

Adapun kekayaan Sukirman dan Abdul Fatah sama-sama berkisar Rp2 miliar.

Adapun kekayaan Wali Kota Pangkalpinang nonaktif M Irwansyah menurun dari Rp9,01 miliar pada 2015 menjadi Rp8,6 miliar.

Anggota KPU Babel Guid Cardi menegaskan seluruh pasangan calon telah melaksanakan keharusan menyerahkan LHKPN ke KPU. (RF/N-1)

Komentar