Features

Isi Dompet Terjaga dengan Primbon Wisata

Selasa, 3 January 2017 07:41 WIB Penulis:

MI/Caksono

Masyarakat masih percaya adanya hari baik dan buruk untuk beraktivitas sehari-hari atau untuk tujuan khusus, seperti mencari jodoh atau pekerjaan berdasarkan primbon. Ternyata, dengan kalkulasi yang lebih rasional, pemilihan hari baik buruk itu juga berlaku untuk kaum urban di negara dengan empat musim yang ingin tetap berhemat dalam mengisi liburan musim panas mereka.

“Selasa ialah hari yang tepat untuk membeli tiket pesawat. Beberapa perusahaan penerbangan merilis penawaran terakhirnya di hari itu lantaran mereka sudah mulai membuka sesi penawaran baru pada Senin sore. Pembelian pada Selasa siang akan membuat Anda punya penawaran yang menguntungkan,” demikian kiat dari situs perjalanan Skyscanner seperti dikutip The Guardian.com, Sabtu (31/12/2016).

Situs perjalanan Expedia pun menyebut Senin merupakan hari yang baik untuk memesan rencana perjalanan (itinerary). Kiat lainnya, cobalah menghabiskan malam Minggu di tempat wisata alih-alih terburu-buru pulang. “Penerbangan sering membuat segmen bisnis versus wisata dengan harga lebih murah apabila ada menu malam Mingguan dalam perjalanan.”

Hari terbaik untuk menyudahi perjalanan rupanya Jumat. Menurut The Guardian, tiket pulang pada Jumat bisa sepertiga dari harga tiket di Minggu. Para pemburu tiket murah juga berbagi mitos yang terbukti ada benarnya, yakni jejak pencarian (cookies) destinasi yang sama berulang kali pada situs pencarian akan membuat harga lebih mahal. “Harga tiket meningkat ketika destinasi yang sama dicari berulang-ulang. Anda bisa menghapus cookies (sebelum mengakses).”

Namanya juga mitos, kadang terbukti, tapi acap kali tidak sejalan. Ada pula mitos yang terbukti keliru, yakni memesan tiket jauh-jauh hari sebelum keberangkatan akan membuat Anda mendapat harga yang lebih murah. Padahal, menurut agen perjalanan daring Tripsta, tiket paling murah ada di 70 hari sebelum keberangkatan untuk perjalanan dekat. “Untuk perjalanan jarak jauh, lebih baik tahan pembelian hingga mendekati waktu perjalanan,” simpul peneliti itu.

Tiket termurah untuk destinasi yang jauh didapat paling cepat 47 hari menjelang hari keberangkatan. Untuk membuktikan teori ini, situs berita Guardian Money mencoba memesan tiket pulang-pergi Virginia Atlantic-New York dengan waktu keberangkatan 7 Januari dan pulang 21 Januari. Mereka berhasil mendapat tiket tersebut dengan harga 410 pound sterling. Padahal, jika waktu keberangkatan dimundurkan jadi November 2017, harganya malah melonjak jadi 482 pound.

Kiat lain yang cukup ampuh ialah menghindari bepergian pada tanggal sibuk, seperti lima hari pertama pada libur musim panas yang umumnya jatuh di awal Agustus.

Jika memang harus, Martin Lewis dari Moneysavingexpert membocorkan trik nakal. “Anda bisa memesan tiket untuk hari lain yang berdekatan dengan tanggal yang Anda inginkan. Setelah 24 jam, cobalah melobi untuk ganti waktu keberangkatan di tanggal yang Anda inginkan.” (Fathia Nurul Haq/E-3)

Komentar