Eksplorasi

VW Sepakat Ganti Rugi Mobil US$1 Miliar

Sabtu, 31 December 2016 00:15 WIB Penulis:

GETTYIMAGES

VOLKSWAGEN dan puluhan ribu pemilik mobil keluaran perusahaan otomotif Jerman itu telah mencapai kesepakatan terkait dengan kecurangan uji emisi pada beberapa mobil bertenaga diesel. Perusahaan yang berbasis di Wolfsburg itu menyatakan akan menyediakan ‘kompensasi substansial’ untuk sekitar 80 ribu pemilik kendaraan diesel 3.0 liter dalam upaya menyelesaikan dampak skandal emisi.

Awal pekan ini, Volkswagen mencapai kesepakatan ganti rugi US$1 miliar dengan regulator AS menawarkan pembelian kembali sekitar 20 ribu kendaraan, memperbaiki 60 ribu mobil, dan membayar sebesar US$225 juta sebagai dana perwalian lingkungan untuk mengimbangi kelebihan emisi.

Kendaraan yang mendapat kompensasi mencakup VW, Audi, dan Porsche bermesin 3.0 liter. Dengan kesepakatan tersebut, Volkswagen akan menghabiskan US$17,5 juta di Amerika Serikat untuk menyelesaikan klaim dari pemilik serta regulator negara bagian dan federal. Itu belum termasuk penyelesaian US$1 miliar dengan regulator.

Seperti diketahui, pada September 2015, Volkswagen menggunakan perangkat lunak untuk mencurangi uji emisi di AS atas 11 juta kendaraan Volkswagen dan Audi bermesin diesel yang dipasarkan antara 2009 dan 2015.

Perangkat lunak tersebut dapat mengendalikan kinerja mesin dan perangkat kendali emisi sehingga emisi yang dikeluarkan berada dalam jangkauan batas aman. Hal itu menyebabkan mobil-mobil tersebut lolos uji EPA (United States Environmental Protection Agency). (AFP/Antara/Dys/L-3)

Komentar