KICK ANDY

Dukungan para Ayah

Sabtu, 31 December 2016 01:15 WIB Penulis:

MI/Sumaryanto

KARENA menyadari pentingnya peran ayah dalam pemberian air susu ibu (ASI) eksklusif kepada buah hati, sekelompok pria yang sudah berstatus ayah mendirikan komunitas bernama Ayah ASI Indonesia.

Komunitas Ayah ASI itu digagas delapan ayah, di antaranya Agus Rahmat Hidayat dan Ernest Prakarsa. Bermula dari akun Twitter @ID_AyahASI yang hadir pada 27 September 2011, para pria ini punya wadah untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan seputar ASI.

Selain itu, komunitas Ayah ASI mengajak para ayah atau calon ayah supaya lebih mau peduli kepada keluarga dengan memberikan perhatian lebih saat sang istri, baik dari masa hamil sampai melahirkan, maupun perawatan bayi pascamelahirkan.

Paling utama, komunitas Ayah ASI juga memberikan semangat dan dukungan kepada istri supaya mau memberikan ASI eksklusif kepada buah hati tercinta nantinya.

Menurut mereka, saat ini sudah banyak ibu yang enggan atau sulit memberikan ASI kepada buah hati.

Selain sebagai wadah untuk berbagi pengalaman dan informasi tentang ASI, komunitas Ayah ASI sudah cukup sering membuat acara seperti seminar, Ayah ASI family day, Ayah ASI run, dan beberapa kegiatan sederhana lain.

Semuanya bertujuan mengampanyekan pentingnya ASI dan peran ayah dalam mendukung istri untuk memberikan ASI eksklusif.

Ayah ASI juga aktif mengampanyekan kepedulian dari lingkungan sekitar seperti kantor-kantor, pusat perbelanjaan, atau sarana umum agar menyediakan atau memperbanyak ruang laktasi. (Rio/M-4)

Komentar